World Clean Up Day 2019 Kampung Iklim, Karung Sampah Ditukar Hadiah

Muntok – Kampung Iklim Teluk Rubiah, salah satu destinasi wisata di kota Muntok hari ini, Sabtu ( 21/9/2019 ) dipadati ribuan masyarakat kota Muntok dan sekitarnya. Pasalnya, Laskar Hijau, Pemuda Hijau, Ikatan Karyawan Timah ( IKT ), Forum Komunikasi Pemuda dan Masyarakat Teluk Rubiah ( FKPMTB ) yang didukung penuh Unit Metalurgi ( Unmet ) PT. Timah. Tbk menggelar acara World Clean Up Day 2019 ( Hari Bersih Sampah Sedunia ).

Acara digelar sejak pukul 06:00 WIB, dimulai dengan Jalan Santai Sambil Pungut Sampah di sepanjang rute yang dilalui dan disekitar lokasi bozem Kampung Iklim. Karung berisi sampah tersebut dapat ditukar dengan voucher doorprize berhadiah menarik.

Selain itu, ada beberapa kegiatan lain seperti, Senam Bedincak, Sosialisasi dan Edukasi Lingkungan, Deklarasi Komitmen Bersama, Pameran Hasil Karya Kreatif dan Ekonomis dari Barang Bekas, pelayanan kesehatan gratis, yakni, cek gula darah, hipertensi dan lain – lain.

Dihadiri Sekretaris Unit Metalurgi PT. Timah. Tbk Muntok, Suryadi, Ketua IKT wilayah Muntok, Arif Yudianto, Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah ( BLHD ) Bangka Barat, Ridwan, Anggota DPRD Bangka Barat, Alha Agus, unsur Forkopimda dan segenap tamu undangan, kegiatan ini berlangsung meriah.

Menurut Ketua Pemuda Hijau, Rini Stefani Wu, Aksi Bersih Sampah Serentak se – Dunia ini dilaksanakan di 157 negara yang jatuh pada tanggal 21 September 2019 hari ini.

” Kali ini adalah kesempatan untuk pertama kali Bangka Barat ikut serta. Disini kami juga mengundang 68 komunitas dan seluruh sekolah yang ada di Muntok dan Bangka Barat,” jelas Rini Stefani.

Target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini, kata Rini, agar semua orang mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan, dimulai dari hal kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

” Saya mohon untuk kesadaran diri masing – masing jika melihat sampah itu langsung diambil, jadi lingkungan kita , Bangka Barat menjadi lingkungan yang sangat bersih,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Unit Metalurgi ( Unmet ) PT. Timah .Tbk, Suryadi, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini, mengingat sampah merupakan hal yang terlihat sepele namun berdampak besar terhadap lingkungan.

” Acara ini harus kita apresiasi dan kita harus berpartisipasi didalamnya, karena ini sangat jarang terjadi, apalagi yang menggagas adalah anak – anak muda yang bekerjasama dengan IKT. Untuk itu kami selaku Pimpinan Unmet Muntok sangat – sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini,” ungkap Suryadi.

Menurutnya, kegiatan World Clean Up Day ini mengajak semua orang secara bersama- sama untuk lebih peduli terhadap sampah dan lingkungan, mengajak lebih menjaga dan peduli terhadap lingkungan agar terbebas dari sampah.

” Apalagi Indonesia ditargetkan dapat bersih dari sampah pada tahun 2020. Untuk itu, mari kita sama – sama membantu Pemerintah mewujudkan Indonesia bersih dari sampah,” ajak Suryadi.

Sedangkan Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh, mengatakan, kegiatan jalan santai sambil pungut sampah harus dilembagakan.

” Jalan santai kali ini membawa makna yang mendalam sekali, disamping jalan santai, olahraga dan hiburan, kita sambil memungut sampah. Nah ini kita lembagakan. Jadi saya minta nantinya setiap OPD kalau ada kegiatan jalan santai sambil mungut sampah, dan kita harapkan kegiatan ini yang harus berkelalanjutan, berkesinambungan,” tandas M. Soleh. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: