Australia dan Jepang Lupakan Masa Lalu, Kini Menjadi Negara Sahabat

Muntok — Tahun – tahun sebelumnya, Peringatan Peristiwa Penembakan Perawat Australia di Pantai Radji Muntok, Negeri Sakura Jepang sebagai pelaku penembakan tidak pernah hadir. Tapi tahun 2020 ini, Konselor Bidang Politik Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Takonai Susumu tampak hadir mengikuti rangkaian acara.

Terkait hal itu, Duta Besar Australia Gary Quinlan AO, mengatakan, kehadiran Duta Besar Jepang pada peringatan tahun ini merupakan suatu penghormatan terhadap korban Perang Dunia ke – II.

Selain itu kata Gary, saat ini hubungan Australia dengan Jepang sudah sangat dekat dalam hal kerja sama militer.

” Untuk masa sekarang ini harus dilihat bahwa Jepang itu sangat dekat sekali secara militer dengan Australia dimana disetiap ada kegiatan latihan perang itu Jepang dan Australia itu selalu bersama,” jelas Gary Quinlan, Minggu ( 16/2/2020 ) di Pantai Radji, Muntok, Bangka Barat.

Bahkan Australia dan Jepang di Dewan Keamanan PBB kata Gery, bekerja sama pula menjadi penjaga keamanan di Kambodia dan Sudan.

” Walaupun Jepang itu tidak ada ofensifnya selalu defensif, pertahanan, mereka Jepang bersama Australia itu di PBB, di Kambodia dan Sudan, Jepang bersama Australia untuk menjaga keamanan bersama disana.
Jadi di masa sekarang kami bersahabat,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Takonai Susumu. Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini mengatakan, saat ini antara Australia dan Jepang telah terjalin hubungan diplomatik yang sangat baik.

” Sebetulnya hubungan kami sudah baik sekali. Banyak warga negara Australia berkunjung ke Jepang dan banyak orang Jepang yang berkunjung ke Australia, investasi juga atau belajar. Sekarang hubungannya banyak sekali,” terang Takonai.

Dia menambahkan, dirinya hadir di Muntok pada peringatan tahun ini atas undangan Australia. Pria yang pernah menimba ilmu di Universitas Gajah Mada ( UGM ) ini mengatakan, undangan itu disampaikan Pemerintah Australia kepada Kedutaan Besar Jepang di kota Darwin. Namun karena rekannya di Darwin belum pernah ke Indonesia dan jaraknya terlalu jauh, maka dirinya ditunjuk untuk hadir ke Muntok.

” Memang peringatan di Muntok kan tiap tahun diadakan, tapi Kedutaan Jepang belum pernah diundang. Tapi peringatan yang diadakan di Australia itu Kedutaan Jepang di Australia selalu diundang. Tapi yang diadakan di Muntok Bangka belum pernah. Tapi tahun ini mereka mengundang pertama kali Kedutaan Jepang di Australia,” jelasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: