Suasana HUT kota Muntok ke – 285 Diwarnai Busana Melayu di Lingkungan Pemkab Bangka Barat

Muntok – Pemandangan tidak biasa terlihat di seluruh OPD di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Barat hari ini, Senin ( 9/9/2019 ). Seluruh pegawai, baik ASN maupun PHL tidak memakai pakaian dinas, tapi mengenakan busana melayu.

Moment tidak biasa ini bahkan diabadikan setiap dinas dengan berfoto bersama seluruh pegawai dan mempostingnya di media sosial.

Sekretaris Daerah Bangka Barat, H. Yunan Helmi mengatakan, busana melayu memang wajib dikenakan seluruh pegawai Pemkab Bangka Barat setiap tahun untuk memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) kota Muntok yang jatuh pada tanggal 7 September.

Begitu pula pada bulan September tahun 2019 ini, sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010, para pegawai wajib mengenakan busana adat melayu dalam rangka HUT kota Muntok ke – 285.

” Busana melayu dipakai setiap tanggal 7 September, cuma tanggal 7 September jatuh pada hari Sabtu kemarin, sehingga kita memakainya hari Senin ini, tanggal 9 September. Surat edarannya sampai ke kecamatan, namun untuk tahap awal, kita lakukan di Pemkab dulu ” kata Yunan Helmi, Senin ( 9/9/2019 ).

Namun kata Sekda, busana melayu hanya diwajibkan satu hari saja, hari selanjutnya para pegawai kembali mengenakan pakaian dinas seperti biasa.

Tujuan diwajibkannya busana melayu pada setiap HUT kota Muntok kata Yunan, untuk menjunjung tinggi budaya melayu sebagai akar budaya di Bangka Barat, khususnya kota Muntok.

“Kita inikan sebagai tanah Melayu ya bagaimana pun menjunjung tinggi budaya melayu yang terutama dalam Perda tadi setiap tahun pakai baju Melayu,” ungkap dia.

Pada moment peringatan HUT kota Muntok ini, Yunan mengharapkan partisipasi semua pihak untuk membangun kota Muntok.

” Kami mengharapkan partisipasi masyarakat, pihak swasta, pengusaha, pemerintah sendiri untuk bersinergi membangun kota Muntok menjadi kota yang berbudaya dan masyarakatnya sejahtera,” pungkas Sekda. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: