Ratusan Pohon Bonsai Ikuti Kontes PPBI di KWP Muntok

Muntok — Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia ( PPBI ) Bangka Barat menggelar kontes bonsai di halaman Koperasi Warga Peltim ( KWP ) Jalan Raya Peltim, Kecamatan Muntok. Kontes ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari Jum’at hingga Minggu ( 27-29/11 ).

Ketua Pelaksana, Sunaryo mengatakan, para peserta yang berasal dari Sumatera dan Bangka Belitung ini menampilkan ratusan bonsai dari berbagai jenis.

” Peserta dari Sumatera, Muara Jambi, Kayu Agung Palembang dan sekitarnya, dan Bangka Belitung juga seluruh ikut semuanya. Kalau jenis pohonnya banyak, seperti sapu – sapu, jeruk kingkit dan banyak lagi, ratusan jenis. Yang dilombakan ini ada sapu – sapu, ada jeruk kingkit, ada gimang, anting putri dan lain sebagainya,” jelas Sunaryo, Sabtu ( 28/11 ) siang.

Kelas yang diperlombakan kata dia, regional dan prospek. Jumlah total bonsai yang ikut kelas regional sebanyak 131, sedangkan kelas prospek sebanyak 135 pohon.

Ditambahkannya, seluruh pohon mungil cantik tersebut akan dinilai oleh empat orang juri, tiga dari Jakarta dan satu lainnya berasal dari Sumatera Selatan.

Menurut Sunaryo, menjadi pemenang kontes sangat berpengaruh terhadap harga bonsai. Harganya bisa menanjak lebih tinggi, walaupun dia tidak dapat memastikan berapa kisaran nominalnya.

” Kalau menang kontes berpengaruh ke harga, bisa naik. Berapa harganya susah dipastikan,” ujar dia.

Dikatakannya, setelah event yang mengusung tema ” Dengan Semangat Hari Pahlawan serta Semarak Bonsai Sejiran Setason, Mari Kita Cintai Kepedulian Terhadap Lingkungan dan Pelestarian Alam” ini, pihaknya berencana menggelar kontes yang lebih besar lagi di kota Muntok pada tahun 2022 mendatang.

” Untuk tahun 2022 itu rencananya lebih besar – besaran untuk nasional, jadi akan diundang semuanya. Tempatnya rencananya di Lapangan Terbang. Jadi pemenang event ini nantinya akan ikut kontes yang lebih besar,” pungkas Sunaryo. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: