30 Orang Kontak Erat Klaster Surabaya Jalani Swab di WK Bangka Barat

Muntok — Setelah dua pegawai Disperkimhub Bangka Barat berinisial R dan IA dinyatakan positif Covid – 19 sepulang Dinas Luar ( DL ) dari Surabaya, Jawa Timur, Tim Medis gabungan melakukan tracking kontak erat dengan dua pasien tersebut.

Hasilnya, 30 orang kontak erat berhasil didata untuk menjalani test swab Polymerase Chain Reaction ( PCR ) yang dilaksanakan hari ini, Jum’at ( 20/11 ) pagi, di Wisma Karantina, Gedung Diklat Pemkab Bangka Barat.

Menurut Kepala Puskesmas Muntok, Harianto, test PCR tersebut merupakan tindak lanjut dari tata laksana pengendalian Covid – 19.

” Orang – orang yang kontak erat terkonfirmasi positif dua orang kemarin dari klaster Surabaya, pelaku perjalanan, kemudian ada juga pelaku perjalanan luar daerah, kemudian ada yang suspect ada demam, juga dari luar daerah juga, sehingga kurang lebih jumlahnya ada 30 yang akan kita lakukan swab pada hari ini,” jelas Harianto, Jum’at ( 20/11 ) pagi.

Dikatakannya, tim medis yang melakukan pemeriksaan merupakan gabungan dokter dari Puskesmas dan para perawat Wisma Karantina Bangka Barat.

Sesuai prosedur penanganan Covid – 19, test swab PCR kata dia akan dilaksanakan dua kali. Hasilnya akan diketahui setelah tiga sampai empat hari.

” Untuk hasilnya, karena ini memang dilakukan oleh pihak ketiga dari Labkesda kalau tidak antri, rata-rata itu 3-4 hari selesai. Jadi berdasarkan pedoman memang kontak erat kita lakukan dua kali, besok kita akan dilakukan sama, di tempat yang sama, di jam yang sama,” ujarnya.

Dia berharap kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan 3 M serta tidak keluar daerah bila tidak benar – benar perlu dan tidak ada kepentingan yang mendesak.

” Kalau urgent harus keluar daerah, harus proteksi diri sebelum keberangkatan dengan melengkapi APD serta memahami protokol perjalanan, juga saat kembali ke Bangka Barat untuk melakukan swab PCR,” himbaunya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: