Pemuda Muhammadiyah dan IKT Muntok Gelar Aksi Pengecatan Bozem Kampung Iklim

Muntok — Bozem atau Kampung Iklim di Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung mendapat perhatian dari PD Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Karyawan Timah ( IKT ) wilayah Muntok. Bentuk perhatiannya berupa aksi sosial pengecatan yang digelar pada Sabtu ( 20/3 ) pagi.

Pengecatan kembali fasilitas di Bozem dilakukan secara bergotong – royong dengan target dua hari bisa selesai, melibatkan warga setempat, perangkat RT, RW, dan didukung Ikatan Istri Karyawan Timah ( IIKT ), MDMC, FKPMTR, MPS, Formus serta Dinas Perkimhub Bangka Barat dan Konsultan Kota Tanpa Kumuh ( KOTAKU ).

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah,
Sarli Sunarya mengatakan, selain berfungsi sebagai penampung air sementara untuk menghindari banjir, Bozem juga dijadikan tempat wisata. Atas dasar itu, mereka berinisiatif untuk melakukan pengecatan kembali agar tempat tersebut tetap telihat menarik.

” Kita coba untuk memperbaiki lah dan memperindah karena kami lihat disini warna – warnanya sudah pudar, fasilitas untuk mendukung pariwisata di masa pandemi ini belum ada, sehingga kami berkoordinasi dengan PT. Timah mengajukan proposal tertulis dan komunikasi untuk melakukan perbaikan sedikit di Bozem ini,” jelas Sarli disela kegiatan.

Dikatakannya, selain PT. Timah yang ikut mensupport, Disperkimhub dengan Program KOTAKU yang menaungi Bozem Kampung Iklim ini juga menyambut baik sehingga kegiatan bisa terlaksana.

Sebagai tempat wisata, kebersihan lingkungan di area Bozem tentu harus dijaga. Sarli menghimbau agar masyarakat Muntok ikut berpartisipasi dan peduli untuk selalu menjaga kebersihan.

” Saya sampaikan juga kepada masyarakat luas, mari kita tumbuhkan kesadaran diri berkenaan dengan kebersihan karena bagaimana orang mau wisata ke kita kalau kita pun tidak perduli dengan kebersihan tempat wisata kita,” katanya.

Senada dengan Sarli, Ketua IKT wilayah Muntok, Abang Asriyadi juga mengatakan, sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi masyarakat, Bozem harus tetap dirawat agar tetap terlihat indah dan menarik.

” Sayang sekali kalau tidak kita rawat kan, kalau kami lihat setiap sore ramai disini, makanya kami bermaksud mempercantik biar orang semakin ramai ke Bozem,” ujar Abang Asri.

Dikatakannya, IKT dan PT. Timah menyambut baik kegiatan positif yang diinisiasi Pemuda Muhammadiyah ini. Karena itu pihaknya ikut bergabung dalam aksi pengecatan ini.

Dia menambahkan, meskipun di masa pandemi Covid-19, tidak menjadi penghalang untuk melakukan kegiatan, sebab IKT mempunyai slogan ” Bergerak Walaupun Berjarak “.

” Karena kita kan harus berjarak, bermasker kemudian ada beberapa kebiasaan yang kita rubah. Makanya kenapa kami membuat slogan itu, jadi walaupun pandemi kita harus tetap bergerak, beraktifitas tetap menjaga protokol kesehatan,” terang dia. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: