Pam TPS atau Hansip Pemilu Punya Tugas Tambahan

Muntok — Petugas Pengamanan TPS ( Pam TPS ) atau biasa disebut Hansip Pemilu yang biasanya hanya duduk manis memantau jalannya proses pencoblosan, pada Pilkada Serentak di masa pandemi Covid – 19 ini tidak bisa lagi bersantai ria. Sebab, mereka mempunyai tugas tambahan, menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ) di TPS.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Bangka Barat, Yulizar mengatakan, 3.600 petugas KPPS termasuk Pam TPS telah menjalani rapid test dan hasil seluruhnya Non Reaktif. Khusus untuk Pam TPS telah dibekali Bimbingan Teknis ( Bimtek ) tata cara penerapan prokes Covid – 19.

“Jadi salah satu tugas mereka ( Pam TPS ) mengukur suhu tubuh pemilih dengan termogun. Kemudian seandainya ada pemilih yang tidak pakai masker mereka sampaikan harus memakai masker. Mereka juga mengingatkan pemilih yang lupa cuci tangan akan disuruh cuci tangan dulu, disediakan tempat cuci tangan,” jelas Yulizar pada Jumpa Pers Persiapan Akhir KPU Bangka Barat dalam Pilkada 2020, di Cafe Pal 2, Muntok, Sabtu ( 5/12/2020 ).

Lanjut dia, bila ditemukan pemilih dengan suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, maka orang tersebut akan dibawa Pam TPS masuk ke bilik khusus yang telah disiapkan di sekitar TPS.

“Kemudian kalau banyak masyarakat yang berkerumun, ini mereka harus menyampaikan untuk jaga jarak. Ini lah tugas Pam TPS, kemarin sudah di Bimtek, salah satu upaya kita, mudah – mudahan aman, prokes harus kita ketatkan agar sesuai juknis prokes yang ada di TPS,” kata dia.

Saat ini Bimtek untuk anggota KKPS telah rampung dilaksanakan. Menurut Yulizar, tinggal beberapa desa lagi yang masih melaksanakan Bimtek Prokes Pam TPS.

“Tapi pada dasarnya hari ini Insya Allah sudah kelar. Jadi nanti mereka sudah bisa melalukan tugas. Kemudian mereka juga dilengkapi dengan masker, mereka juga kita fasilitasi dengan baju seragam Pam TPS dan KPPS, biar keliatan enak dan kompak,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: