Dari Pasien Covid, RS hingga Warga Binaan Tetap Bisa Nyoblos di Pilkada 2020

Muntok — KPU Bangka Barat telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) untuk Pilkada Serentak 2020 sejumlah 134.414. pemilih. Namun selain itu, terdapat pemilih diluar DPT yakni, Daftar Pemilih Pindahan ( DPPh ) dan Daftar Pemilih Tambahan ( DPTb ).

Divisi Perencana, Data dan Informasi, KPU Bangka Barat, Henny Afriana menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan rekapitulasi pemilih yang melakukan pindah memilih atau DPPh.

Diterangkan Henny, pemilih yang termasuk kategori pindah memilih diantaranya, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ), pasien rumah sakit, pusat pelayanan kesehatan yang mempunyai fasilitas rawat inap dan pasien di Wisma Karantina Covid – 19.

“Tadi juga kami berkoordinasi dengan satuan untuk Satgas Covid ( GTPPC – 19 ) untuk terkait pendataan berapa banyak pemilih yang ada di balai karantina atau diisolasi tempat pasien yang terpapar Covid,” ungkap Henny dalam Jumpa Pers Persiapan Akhir KPU Bangka Barat dalam Pilkada 2020, di Cafe Pal 2, Muntok, ( 5/12/2020 ).

Untuk pemilih kategori DPPh tersebut, pihak KPU kata Henny akan menerbitkan formulir A5, agar orang yang bersangkutan bisa memilih menggunakan A5 di tempat mereka berada, baik di Lapas, Rumah Sakit maupun Wisma Karantina Covid – 19.

Diterangkannya, untuk kriteria DPTb yaitu pemilih menggunakan KTP elektronik yang datang ke TPS saat hari pencoblosan pukul 12.00 – 13.00 WIB.

” Untuk DPPh tadi bisa kami akomodir dengan ketentuan mereka yang terdaftar dalam DPT maupun DPPh. Sedangkan pemilih yang terdaftar masuk kategori DPTb adalah pemilih yang tidak terdaftar baik di DPT maupun di DPPh,” imbuhnya.

Tapi tegas dia, bagi pemilih di Lapas yang belum terdaftar di DPT maupun DPPh, pihaknya tidak dapat memberikan formulir A5. Sedangkan bagi pemilih kriteria DPTb baik itu di rumah sakit, Lapas maupun di Wisma Karantina Covid, tetap mengikuti aturan menyesuaikan dengan alamat KTP sesuai dengan domisili mereka.

“Setidaknya pihak KPU akan menerbitkan A5 sampai saat ini berdasarkan alamat KTP asal dan ditujukan di TPS tujuan, yakni yang tertera di A5. Kami dari data fokus untuk penerbitan A5 surat keterangan pindah memilih pemilih yang akan melakukan pindah memilih,” paparnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: