Mobile Combat PCR Babar, Dalam 2 Jam Hasil Swab Sudah Dapat Diketahui

Muntok — Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., meresmikan pengoperasian satu unit Fast Lab Mobile Combat PCR Covid – 19 di Lapangan Parkir Timur, Kantor Bupati, Senin ( 7/12/2020 ) pagi.

Dalam menjalankan tugasnya, Mobile PCR (Polymerase Chain Reaction) RSUD Sejiran Setason ini didampingi satu unit mobil ambulance untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Menurut Markus, selama ini sampel swab dari Bangka Barat selalu di bawa ke Laskesda Provinsi Bangka Belitung di Pangkalpinang. Hal tersebut tidak efektif dan memakan waktu karena harus menunggu berhari – hari baru hasilnya dapat diketahui.

Untuk mengatasi permasalahan itu kata Markus, Pemkab Bangka Barat melakukan terobosan dengan pengadaan Mobil Combat PCR Covid – 19.

“Keberadaan mobil ini diharapkan akan mampu membantu mempercepat pemeriksaan swab di Bangka Barat dan dapat melakukan pengujian secara masif. Jadi tidak ada lagi alasan menunggu lama sampai berhari-hari atau seminggu, sehingga bisa menghindari dampak psikologis dan kecemasan di masyarakat,” kata Markus dalam sambutannya.

Menurut Bupati, mobil ini dapat memeriksa 16 sampel sekaligus dan hasilnya akan dapat diketahui hanya dalam waktu satu hingga dua jam saja.

Anggaran pengadaan mobil ini sebut Markus, berasal dari Dana Insentif Daerah ( DID ) dari Pemerintah Pusat sebagai apresiasi terhadap Kabupaten Bangka Barat yang mampu menjaga zona hijau.

” Kita patut berbangga karena Bangka Barat baru satu – satunya yang mempunyai Mobil Combat ini. Saya berharap kepada RSUD Sejiran Setason yang diberikan amanat untuk mengoperasikan mobil ini agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik – baiknya untuk kepentingan masyarakat umumnya, dan warga Bangka Barat khususnya,” pungkas Markus.

Acara ini dihadiri unsur Forkopimda, segenap Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat, Plt. Sekda, Hartono, Plt. Direktur RSUD Sejiran Setason, dr. Hendra, Direktur RSBT, dr. Yovita Metkono, Camat Muntok, Sukandi, Kades Belo Laut, Ibnu dan tamu undangan lainnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: