RSUD Babar akan Maksimalkan Mobile Combat PCR Jaga Zona Hijau

Muntok — RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat akan mulai mengoperasikan satu unit Fast Lab Mobile Combat PCR ( Polymerase Chain Reaction ) Covid – 19 atau Mobile Combat dalam penanganan pandemi virus Corona.

Plt. RSUD Sejiran Setason, dr. Hendra mengatakan, dengan adanya Mobil Combate tersebut, langkah tim medis akan semakin ringan dalam memangkas waktu tunggu hasil swab yang selama ini bergantung kepada Labkesda Provinsi Babel yang memakan waktu tiga sampai empat hari.

Dengan Mobil Combat yang dilengkapi dua unit alat PCR ini, hasil swab bisa diketahui hanya dalam waktu dua jam.

” Hasil swabnya mulai dari masuk mesin sampai keluar hasil itu 40 menit, tapi ada proses lain, misalnya waktu pengambilan swab, kemudian diproses sebelum masuk mesin jadi totalnya sekitar dua jam untuk hasil keluar,” jelas dr. Hendra saat Launching Mobile Combat PCR Covid – 19 di Lapangan Parkir Timur, Kantor Bupati Bangka Barat, Senin ( 7/12/2020 ) pagi.

Mobile ini tidak sendirian, dalam melaksanakan tugasnya kata dr. Hendra, ada unit ambulance akan mendampingi guna mempermudah rujukan pasien positif Covid – 19 ke Provinsi Babel.

“Operasionalnya tergantung kasus, kalau tidak ada kasus kita standby di RSUD, tapi kalau ada kasus – kasus kecamatan kita akan turun langsung. Jadi memang mobil ini disiapkan kita bisa periksa dimana pun,” katanya.

dr. Hendra menegaskan, pihaknya akan berusaha memaksimalkan keberadaan Mobil Combat dengan pemeriksaan sebanyak mungkin terhadap kasus kontak pasien, sehingga penyebaran Covid – 19 di Bangka Barat dapat ditekan dan zona hijau tetap terjaga. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: