Usung Motto ” Kampung Sawah Lawan Covid – 19 ” , Warga Setempat Gelar Semprot Mandiri

Muntok — Bagai tidak mau ketinggalan dalam upaya mencegah virus Corona, Kampung Tanjung Sawah RT. 01, 02 dan 03 RW. 04 Kelurahan Tanjung, Muntok juga melakukan penyemprotan secara swadaya pada Sabtu ( 4/4/2020 ) pagi.

Ketua RW. 04, S. Hasan mengatakan, ide penyemprotan mandiri ini muncul dari perbincangan dengan Lurah Kelurahan Tanjung, Dipa Pandu.

Menurut Hasan, mewabahnya Covid – 19 di beberapa daerah di Bangka Belitung menimbulkan keresahan masyarakat Kampung Sawah.

” Untuk mengurangi kepanikan dan keresahan ini lah maka timbul ide untuk melakukan penyemprotan disinfektan mandiri ini,” kata Hasan, Sabtu ( 4/4/2020 ).

Motto penyemangat ” Kampung Sawah Lawan Covid – 19 ” pun diusung dalam kegiatan yang melibatkan selain warga setempat, juga Instansi Pemerintah, Polri , perusahaan BUMN, Ormas dan LSM ini.

” Disini yang terlibat Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Sat Pol PP dan Penanggulangan Bencana, Damkar Bangka Barat, Polair Bangka Barat, PT. Timah, Relawan FPI, LIP3( Lembaga Independen Pengaduan Publik) , Save Menumbing, dan banyak lagi yang tidak diketahui,” ucap Hasan.

Menurut pria yang akrab disapa Ayeb ini, mereka berhasil mengumpulkan cairan disinfektan sebanyak 1.500 liter yang didapat dari bantuan masyarakat, relawan, LSM dan Ormas.

Penyemprotan awal jelas Ayeb, dilakukan di tempat – tempat ibadah seperti surau dan musholla, kemudian diteruskan ke rumah – rumah warga dan satu Sekolah Dasar ( SD ) di Kampung Sawah.

” Kemudian penyemprotan dilakukan menyeluruh di lingkungan warga Kampung Sawah, jalan raya dan gang – gang kecil. Untuk penyemprotan ini juga melibatkan emak – emak yang ikut menyemprot rumah masing-masing dengan alat handspray seadanya,” ungkapnya.

Hasilnya, tiga lingkungan RT di Kampung Sawah rampung disemprot secara gotong royong ini.

” Harapan warga Kampung Sawah semoga dengan ikhtiar ini, kota Mentok, khususnya Kampung Tanjung Sawah bebas Virus Covid – 19 dan wabah virus lainnya. Kampung Sawah Lawan Covid – 19, semangat,” pungkas Ayeb. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: