TLCI Bukittinggi Kunjungi Menumbing, Ini Kesan Putra Sumatera Barat di Tempat Pengasingan Bung Hatta

Muntok — Destinasi sejarah Bukit Menumbing di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat kedatangan tamu rombongan Toyota Land Cruiser Indonesia ( TLCI ) Chapter 24 Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu ( 6/6 ) siang.

Rombongan pecinta mobil Toyota Land Cruiser tersebut dikomandoi oleh Yulindo selaku Ketua TLCI Chapter 24 Bukittinggi disambut Menumbing Jeep Community ( MJC ) Bangka Barat, Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno serta Kepala DP2KBP3A yang juga anggota MJC, Suwito.

Yulindo dan rombongan yang mengendarai sembilan mobil jeep Land Cruiser masuk ke Bangka Barat melalui Pelabuhan Tanjung Kalian. Mereka dijamu makan siang di Pesanggrahan Menumbing. Selanjutnya rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Ketua TLCI Chapter 24 Bukittinggi, Yulindo merasa terkesan dengan pemandangan di Pantai Tanjung Kalian dan Menumbing. Apalagi sang proklamator, Drs. Mohammad Hatta yang pernah diasingkan di Menumbing merupakan putra daerah Sumatera Barat.

” Sangat luar biasa, dengan suasana keakrabannya, pemandangannya dengan pantainya, kemudian letak dari Pesanggrahan ini juga mengingatkan kita jiwa tokoh proklamator yang sempat diasingkan disini salah satunya adalah orang Sumatera Barat, adalah Pak Bung Hatta,” ujar Yulindo.

Menurut dia, sama seperti Muntok, kota Bukittinggi juga menjadi bagian dari sejarah kemerdekaan, dimana kota tersebut sempat dijadikan pemerintahan darurat saat Yogyakarta diserang Belanda dan Syafruddin Prawiranegara diasingkan disana.

Dia menjelaskan, kegiatan TLCI Bukittinggi Chapter 24 ke Bangka bertajuk ” Touring Bahagia ” ini bertujuan menikmati keindahan alam Pulau Bangka serta silaturahmi dengan komunitas MJC Bangka Barat.

” Secara keseluruhan termasuk juga membangun silaturahmi dengan komunitas yang ada di Bangka.
Kemudian kami mengajak bapak – bapak semua baik dari Pemda maupun Pak Dandim dan komunitas, ditunggu di Bukittinggi,” undangnya.

Dilain pihak, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno sangat berterima kasih atas kunjungan rombongan TLCI Bukittinggi ke Menumbing.

Dengan kunjungan ini kata dia, pesan – pesan wisata sejarah yang ada di Bangka Barat bisa disampaikan dan terjalin pula silaturahmi antara Bangka Barat dan Bukittinggi.

” Ini sebenarnya merupakan salah satu hal yang bisa mendorong promosi pariwisata. Pengaruhnya pasti ada, makanya kunjungan seperti ini penting untuk kami back-up karena penting juga untuk menjaga citra pariwisata daerah kita,” kata Seno.

Sementara itu, Dandim 0431 Bangka Barat yang juga anggota MJC, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa mengatakan, kunjungan ini merupakan jalinan tali silaturahmi antara sesama pencinta mobil offroad di Indonesia. Tapi selain itu, potensi pariwisata yang ada bisa dipromosikan dalam kegiatan ini.

” Kita sebagai masyarakat Bangka Barat memperkenalkan potensi wisata alam dan sejarah yang nilainya tinggi ini, karena di wisma pesanggrahan ini tempat pendiri bangsa Indonesia Bung Karno dan Hatta pernah diasingkan disini selama agresi militer II,” ucap Agung. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *