SISWA SISWI SMPN3 TAK BERKEDIP, FOKUS PADA LAYAR UNBK

BANGKA — Ekspresi ketegangan menyeruak dari mimik wajah siswa-siswi SMPN 3 Muntok saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, Selasa (2/5/2017)

Tak terkecuali, Agung Rahmat Firdaus. Pagi itu, Agung tak berkedip. Tatapannya fokus ke layar monitor komputer. Begitupula dengan puluhan rekan sekelasnya.

Suasana hening mewarnai tiap-tiap ruang kelas pada sesi pertama pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Muntok. Tak terdengar kasak kusuk suara dari gerak tubuh siswa-siswi.

Agung tak menampik dirinya sempat di  rundung ketegangan. Terlebih ini kali pertama Agung mengikuti UNBK. Namun, seiring berjalan waktu, Agung pun mulai  percaya diri.

” Sudah tentu tegang ya. Terlebih ini hari pertama dan kali pertama ikut ujian pakai komputer, Jadi masih agak canggung dan gerogi. Tapi sambil berjalan baru mulai sedikit enjoy,” ujar Agung

Agung menyebut lebih tertarik menjalani sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ketimbang Ujian Nasional Paper Based Tes (UNPBT) sebelumnya.

Agung menilai, sistem UNBK lebih praktis dan efektif ketimbang UNPBT. Selain itu  kemungkinan terjadi tertukarnya soal dan ketidakjelasan hasil cetak soal sangat minim dibandingkan metode UNPBT.

” Tentunya lebih suka sistem UNBK ya. Mudah dan praktis. Tinggal klik jawaban sesuai pilihan. Kalau salah juga bisa di cancel. Kalau sistem ujian dulu agak rumit ya, tidak boleh salah lingkar. Kadang soal dan jawabnya agak gabur,” jelasnya.

Sementara kepala Sekola SMPN 3 Muntok, Ida Saprina menyebut, hari pertama UNBK berlangsung maksimal. Hingga sesi ketiga, usai tak ada kendala dan gangguan UNBK. Baik jaringan maupun koneksitas internet.

Ida mengatakan, sejak jauh-jauh hari pihaknya telah mematangkan persiapaan UNBK. Mulai dari perangkat komputer, jaringan listrik hingga koneksi internet. Tak hanya itu, pihak sekolah juga melibatkan petugas PLN dan Telkom sepanjang UNBK berlangsung.

” Alhamdulilah hari pertama ini semua berjalan lancar, tidak ada gangguan baik listrik maupun jaringan internet. Pematangan persiapan UNBK ini memang telah kami persiapkan jauh-jauh hari,” pungkasnya.

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: