PT. Timah Dukung Lahan Bekas Tambang Jadi Destinasi Wisata

Muntok – Kepala Bidang Sekretariat Unit Metalurgi PT. Timah, Suryadi Djabar Hamid mewakili PT. Timah, saat menghadiri kegiatan Danrem 045 Gaya meninjau Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431 Bangka Barat, Jum’at (10/7/2020).

Lahan eks tambang ini disulap oleh Dandim 0431 Bangka Barat menjadi Wisata Alam dan lahan ketahanan pangan.

“Sebagai perusahaan yang berwawasan lingkungan, PT. Timah melalui Unit Metalurgi mendukung pemanfaatan hutan eks tambang menjadi kawasan hutan wisata dan lahan ketahanan pangan,” kata Suryadi Jabar.

Lahan ini ditanami tanaman palawija seperti jagung , kacang kacangan, pembiakkan jamur, pembimbitan madu. Selain itu, juga dibangun tambak pembiakkan ikan air tawar, dan kolam pemancingan Untuk mendukung wisata Hutan.

“Diharapkan lokasi ini menjadi wisata baru Bangka Barat , sekaligus proyek percontohan ketahanan pangan di Bangka Barat umumnya Bangka Belitung,” katanya.

Sementara itu Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa menyampaikan ide pembuatan lahan ketahanan pangan menjadi wisata alam tercetus dari instruksi pimpinan TNI.

“Ide tercetusnya berawal dari instruksi komandan di atas, agar memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan ketahanan pangan. lalu melihat kondisi kultur tanah saya ingin juga selain menanam tanaman pangan, juga mengubah lahan eks tambang menjadi kolam pembibitan dan pemancingan ikan, selain tu memelihara unggas, dan sapi,”terang Dandim.

Ia melanjutkan ide tersebut ternyata didukung oleh pihak – pihak lain seperti PT. Timah, Dinas Kehutanan Babel dan lain – lain, sehingga dalam waktu kurang lebih sebulan, lahan eks tambang tersebut saat ini menjadi tempat wisata alam.

” Hal ini diharapkan memacu masyarakat mencontoh apa yang kami lakukan,”bebernya

Dalam kunjungan Danrem 045 Gaya, Dandim mengatakan, Danrem cukup puas apa yang telah dilakukan, dan ia juga ingin tempat-tempat lain juga seperti ini. ( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: