Pesona Durian Jatuhan Bangka Pikat Komunitas Durian Avengers Jakarta

Muntok — Harumnya aroma durian Bangka tercium sampai ke Jakarta hingga ke hidung komunitas
Durian Avengers. Dua belas orang para pemburu durian kualitas super ini pun terbang ke Bangka Barat dan mendarat di Geo Park Bukit Telaga Tujuh, Desa Sungaibuluh Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Sabtu ( 11/1/2020 ) sore dengan satu tujuan, mencari durian.

Mereka didatangkan oleh Manager Hotel Pasadena Muntok, Supeni dengan Durian Tour Package-nya bekerja sama dengan para pemilik kelekak ( kebun ) durian dari Kecamatan Jebus, Erwin dan Arief Rahman Hakim dari Delis Tani Muntok.

Walaupun sebelum tiba di Bukit Telaga Tujuh, pasukan Durian Avengers ini telah menghabiskan sekitar tiga puluh durian di Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, namun mereka masih bersemangat menyantap puluhan durian dari Kelekak Salim, Desa Sungaibuluh, Kecamatan Jebus milik Erwin.

” Kita Duren Avengers itu rata – rata tinggal di daerah Jakarta, kita sebenarnya ada sekitar tigapuluhan orang, hobinya makan duren. Terakhir kita jalan – jalan ke Malaysia dari Penang ke Bandar Baru, Kedah sampai ke Kuala Lumpur ke Pahang khusus buat makan duren,” jelas Hendra, salah seorang anggota Durian Avengers, Sabtu ( 11/1/2020 ) sore di Geo Park Bukit Telaga Tujuh, Kecamatan Jebus.

Kendati telah melanglang buana memburu buah berduri ini sampai ke Negeri Jiran bahkan Chiang Mai, Thailand, Hendra menilai durian Bangka, khususnya Bangka Barat punya kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan durian dari dua negara tersebut.

Hendra pun membandingkan kualitas durian Ochee dari Malaysia yang cukup terkenal dengan durian Bangka.

” Dibanding durian Bangka, kalau Malaysia mereka punya durian sudah standard. Kalau kita makan kerasanya gini ya, mostly kita ketemunya yang sudah ekspektasi segini ya segini, tapi Ochee belum terlalu banyak yang bagus karena pohonnya belum tua jadi kurang bagus,” tutur Hendra.

” Tapi kalau di Bangka ini rata – rata durian tiap kali makan ya, nggak ada namanya, ya oke sih, enak manis, pahitnya dapat, mungkin karena jatuhan, terus dia punya tanahnya, wheaternya cocok kali. Yang paling enak durian jatuhan,” sambungnya.

Bahkan menurut Hendra, durian Bangka juga lebih bagus bila dibandingkan dengan daerah – daerah lain di Indonesia, karena durian Bangka matang alami, jatuh dari pohon, bukan dipetik.

” Di Jakarta untuk dapat durian bagus susah lah ya, karena di Jakarta duriannya banyak dari Sumatera, itu Medan, Padang itu durian petikan karena waktu itu kita tanya kenapa nggak nunggu jatuhan, kalau jatuhan sampai di Jakarta sudah pecah,” ujarnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: