Penyelundupan 15 Kilogram Ganja Digagalkan BNN Provinsi Babel

Pangkalpinang — Seorang bandar narkotika lintas provinsi yang hendak menyelundupkan 14 paket besar ganja berhasil dibekuk Badan Narkotika Nasional ( BNN ) Provinsi Bangka Belitung.

Terduga pelaku dengan barang haram ganjanya seberat 15 kilogram diamankan di Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Jumat (18/11/2022).

Menurut Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol MZ. Muttaqien, operasi penangkapan dipimpin Kabid Intelijen dan Pemberantasan BNNP Babel, Kombes Pol Dinnar Widargo dengan dukungan jajaran Polsek Bukit Intan.

Selain 14 paket besar ganja, tim gabungan juga mengamankan barang bukti lain berupa sejumlah uang tunai, dompet serta tas milik terduga pelaku.

“Tadi siang kami diback up anggota Polsek Bukit Intan, melakukan upaya hukum penangkapan seorang bandar ganja lintas provinsi. Dari penangkapan kami amankan barang bukti 14 paket besar ganja siap edar,” papar Muttaqien.

Dia mengatakan akan melakukan pengembangan lebih lanjut serta memburu bandar yang lebih besar dari pria berbaju merah yang telah diamankan tersebut.

“Untuk sementara anggota masih melakukan pengembangan di lapangan. Nanti kami informasikan lebih lanjut,” imbuhnya.

Pelaku Sudah Diincar Berminggu – minggu

Kabid Pemberantasan dan Intelijen BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol. Dinnar Widargo mengatakan, petugas melakukan penyelidikan selama berminggu – minggu sebelum melakukan penangkapan.

Paket – paket ganja tersebut dibawa oleh tersangka dari Provinsi Sumatera Selatan menuju Provinsi Bangka Belitung dengan menggunakan speed, yang berangkat dari Pelabuhan Sungsang menuju ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Menurut dia pelaku dikenal licin, bahkan berusaha mengelabui petugas dengan cara duduk dan bersembunyi di baris paling belakang di dalam mobil travel.

Tempat duduk tersebut pelaku pilih sendiri agar tidak mudah terlihat oleh petugas. Namun upaya tersebut gagal total.

“Ini semua berkat sinergi yang baik antara BNN Provinsi Kepulauan Babel, Bea Cukai Pangkalpinang dan juga Polsek Bukit Intan yang telah melakukan penyelidikan yang sangat panjang dan tanpa mengenal lelah akhirnya tim gabungan berhasil menggagalkan ganja yang rencananya akan diedarkan di Provinsi Bangka Belitung,” kata Dinnar. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: