Pardi Akui Ada Surat Suara yang Tidak Ditandatangani dan Macetnya Aplikasi Si Rekap

Muntok — Ketua KPU Bangka Barat, Pardi tidak menampik masih terjadi kesalahan – kesalahan dari anggota KPPS saat hari pencoblosan Pilkada Bangka Barat tanggal 9 Desember 2020 lalu, walaupun kemampuan rata – rata kelompok pemungutan suara itu sudah cukup baik.

Dikatakan Pardi, salah satu kesalahan yang terjadi di TPS yaitu terdapat surat suara yang tidak ditandatangani sehingga surat suara tersebut dikategorikan tidak sah meskipun sudah dicoblos dengan benar oleh pemilih.

“Misalnya di pemungutan suara, tadi ada kritik dari kawan – kawan, misalnya ada surat suara yang tidak tertanda tangan, itu masih ada kelalaian – kelalaian dari KPPS di satu dua tempat. Kalau tidak tertanda tangan berarti surat suaranya dikategorikan tidak sah,” kata Pardi pada konferensi pers di Brew Cafe, Muntok, Senin ( 28/12/2020 ).

Penggunaan aplikasi Si Rekap juga terjadi masalah. Menurutnya, dari 400 TPS yang ada di Bangka Barat, hanya beberapa tempat saja yang bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar di hari pencoblosan. Selebihnya, foto hasil Si Rekap baru bisa diupload dua atau tiga hari setelah pemungutan suara. Padahal sebut Pardi, foto – foto tersebut seharusnya diupload di hari ” H”.

“Kendalanya macam-macam, dari mulai jaringan internetnya bermasalah kemudian servernya yang up down up down, kadang masuk kadang nggak, ini juga yang jadi masalah,” imbuhnya.

Namun tegas Pardi, kendala Si Rekap hanya muncul pada jaringan internet dan server saja, bukan pada SDM-nya yang gagap teknologi atau gaptek. Sebab aplikasi Si Rekap sangat sederhana dan mudah digunakan.

“Alhamdulillah di hari rekap tingkat kecamatan semua sudah 100 persen. Jadi tetap ini berproses. Saya pikir ini evaluasi – evaluasi kita temuan dan laporan kawan-kawan terkait dengan KPPS KPPS kita yang belum maksimal, itu bagus bagi kami kami untuk menjadi evaluasi ke depan untuk meningkatkan kualitas SDM kita terutama KPPS,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: