Dipicu Kasus Sekda, Seluruh Kepala OPD Pemkab Babar Jalani Swab

Muntok — Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menjalani pemeriksaan swab PCR di Gedung Diklat Kompleks Perkantoran Terpadu, di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Rabu ( 30/12/2020 ).

Swab para pejabat Pemda Bangka Barat ini digelar tim medis Satgas Penanganan Covid – 19 setelah Sekretaris Daerah, Muhammad Saleh terpapar virus Corona beserta istri dan dua anaknya.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, Sidarta Gautama mengatakan, swab hari ini dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran penularan dari Sekda Muhammad Soleh yang telah lebih dulu terpapar.

“Karena kita ketahui sejak beliau ( Sekda ) dilantik memang banyak sekali agenda kegiatan yang melibatkan kehadiran para kepala OPD dan sangat memungkinkan sekali untuk terjadi kontak antara Sekda dan Kepala OPD. Oleh karena itu pagi ini sesuai rencana dan sudah izin Ketua Satgas dalam hal ini Bupati bahwa, semua kepala OPD uji swab. Para Camat yang kontak dengan Sekda juga di swab. Insya Allah hari ini rampung,” kata Sidarta Gautama di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat, Rabu ( 30/12/2020 ) pagi.

Hasilnya sebut dia baru akan diketahui dalam dua atau tiga hari kedepan. Sebab kata Darta, jumlah sampelnya cukup banyak karena Satgas Covid sudah melaksanan swab di klaster lain dan Kejaksaan sejak Senin hingga Selasa kemarin.

“Hasilnya satu dua hari karena ini banyak sekali, untuk yang hari Senin mungkin hari ini clear hasilnya, yang kemarin mungkin besok, yang hari ini mungkin lusa. Ya mudah – mudahan kalau tidak ada kendala paling lambat satu dua hari ini lah,” ujarnya.

“Kalau ada yang positif, tentu akan kita lakukan tindakan sesuai tata laksana Covid yaitu di karantina dan dilakukan PE ( Penelusuran Epidemiologi ).Kalau dia positifnya dengan gejala kita rawat di rumah sakit, tapi kalau dia positif tanpa di gejala kita bawa ke Wisma Karantina kita,” imbuhnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: