Nakes Puskesmas Muntok Gelar Vaksinasi di SMPN 6 Tanjung Punai

Muntok — Setelah siswa SMA, vaksinasi Covid – 19 mulai menyentuh siswa – siswi SMP yang rentang usianya antara 12 sampai 14 tahun keatas. Tim Nakes Puskesmas Muntok bersama Polres Bangka Barat melakukan vaksinasi di SMPN 6 Muntok Satu Atap di Dusun Tanjung Punai, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kamis ( 16/9 ).

Selain 92 siswa, para guru dan Tata Usaha sekolah yang berjumlah 15 orang, berikut para wali murid juga menjadi sasaran vaksinasi.

Menurut Kepala Puskesmas Muntok, Harianto, sejauh ini kegiatan di SMP 6 berjalan lancar, para siswa seluruhnya memenuhi kriteria untuk menerima vaksin. Hanya saja, masih ada diantara para murid tersebut yang tidak mendapatkan izin dari orang tuanya.

” Namun ada memang anak yang masih belum dapat izin orang tuanya, ini menjadi PR kita Satgas Desa bersama bidan desa, akan mengedukasi orang tuanya yang ragu terhadap vaksin ini. Target kita semua anak usia 12 tahun keatas tervaksinasi,” ujar Harianto di lokasi kegiatan.

Dikatakan Harianto, dalam kegiatan ini pihaknya menggunakan vaksin Sinovac karena efikasinya sangat aman bagi anak – anak usia 12 tahun keatas.

Tujuan vaksinasi siswa – siswi SMP, disamping untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka, juga dalam rangka menuju herd immunity yang mengharuskan 90 persen penduduk usia 12 tahun keatas sudah tervaksinasi.

” Kenapa anak sekolah harus divaksinasi? Dikhawatirkan OTG yang tidak terperiksakan nantinya mengalir menularkan kepada orang tua ke neneknya kakeknya yang dirumah, tentunya sangat bahaya sekali, apalagi ada komorbid atau penyakit penyerta,” tukas Harianto.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto yang hadir memantau jalannya kegiatan merasa bersyukur, vaksinasi di SMPN 6 Dusun Tanjung Punai berjalan lancar, apalagi anak – anak belia tersebut terlihat baik – baik saja dan tidak mengalami gejala KIPI apapun.

” Jadi hari ini kita melakukan pengecekan dengan Satgas dan Pak Kepala Sekolah mendukung program belajar tatap muka, sesuai Instruksi Bupati semua siswa harus divaksin termasuk gurunya. Hari ini alhamdulillah berjalan lancar, para siswa sudah divaksin dan tidak ada gejala ikutan dan semua berjalan lancar,” ucap Kapolres. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: