Varisha Adhylia dan 3 Pesilat Babar Wakili Provinsi Babel pada Ajang KOSN

Muntok — Para pendekar muda Bumi Sejiran Setason terus menunjukkan potensinya. Itu terbukti setelah 4 orang pesilat dibawah naungan IPSI berhasil lolos seleksi di tingkat provinsi dan berhak mewakili Provinsi Bangka Belitung pada ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional ( KOSN ) di Jakarta.

Para pesilat muda yang akan unjuk gigi di tingkat nasional tersebut adalah, jenjang SD Putri, Varisha Adhylia dari SD Negeri 1 Muntok.

Jenjang SMA putri, Mutiara Simanjuntak dari SMAN 1 Kelapa.

Pada jenjang SMK Putra, Muhammad Ramdhani Alfitrah dari SMK Negeri 1 Kelapa serta Zilda Monisca mewakili kategori putri dari SMKN 1 Tempilang.

Ketua Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia ( IPSI ) Bangka Barat, Ivan Setiawan mengatakan, keempat atletnya akan berlaga pada kategori pencaksilat tunggal di ajang KOSN yang akan digelar enam hari, dari tanggal 20 – 26 September 2021 mendatang.

” Event tersebut dilaksanakan secara daring, mempertandingkan pencaksilat tunggal yang direkam ke dalam bentuk video yang dikirim ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pusat Prestasi Nasional,” jelas Ivan Setiawan, Rabu ( 15/9 ).

Menurut Ivan, sebelumnya para atlet tersebut harus melalui tiga tahapan seleksi, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga ke provinsi. Hasilnya, empat atlet itu berhasil terpilih untuk mewakili Provinsi Babel ke tingkat nasional pada ajang KOSN.

” Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pelatih yang telah mengasah potensi mereka. Kita juga mengharapkan ada perhatian lebih dari Pemda masalah sarana dan prasarana, karena anak – anak tersebut merupakan aset berharga yang akan mengharumkan nama daerah. Semoga pada ajang KOSN nanti mereka dapat meraih prestasi yang membanggakan,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Bangka Barat, Rukiman sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan capaian yang diraih oleh keempat pesilat tersebut.

Menurut dia, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi untuk pelajar SD dan SMP. Sedangkan SLTA/SMK dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Cabdin wilayah IV Bangka Barat.

” Dari Dinas Dikpora telah menganggarkan untuk hadiah, tropy plus piagam pemenang seleksi KOSN tingkat kabupaten dan selanjutnya kami mengirimkan ke seleksi KOSN ke Kemendikbudristek,” kata Rukiman.

” Kita berharap mudah – mudahan mereka terus berprestasi sampai ke tingkat nasional. Bakat potensi yang ada kita bina terus melalui sekolah maupun Pengkab dan KONI agar bibit – bibit ini bisa menjadi pesilat yang akan mewakili atlet Porprov VI tahun 2023 di Bangka Barat,” tutup Rukiman. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: