Masa Jabatan Markus Berakhir 22 Maret 2021, Jadwal Pelantikan Bupati Baru Belum Ditetapkan

Muntok — DPRD Bangka Barat menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Usulan Pengesahan, Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Terpilih 2020 dan Pengumuman Usulan Pengesahan Pemberhentian Bupati Bangka Barat masa jabatan 2016 – 2021 di Gedung Mahligai Betason II, Jum’at ( 5/2/2021 ) pagi.

Rapat dipimpin Wakil Ketua I, DPRD Bangka Barat, H. Oktorazsari dan dihadiri Wakil Ketua II, Miyuni Rohantap beserta segenap anggota dewan.

Hadir pula, Bupati Bangka Barat, Markus, calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2020, H. Sukirman dan Bong Ming Ming, unsur Forkopimda, Sekda Muhammad Soleh, segenap Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

H. Oktoraszsari mengatakan, rapat paripurna ini dilaksanakan guna memenuhi ketentuan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintahan Daerah pasal 79 ayat (1) yang menyebutkan bahwa, pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

” Mematuhi amanat konstitusi tersebut, serta memperhatikan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.19-413 Tahun 2019 Tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhitung sejak tanggal pelantikan sampai akhir masa jabatannya, maka masa jabatan Bupati Bangka Barat periode 2016 – 2021 akan berakhir pada tanggal 22 Maret 2021,” kata Oktorazsari.

Pria yang akrab disapa H. Okto ini melanjutkan, memperlihatkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat Nomor 1/PL.02.7-Kpt/1905/KPU-Kab//2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Tahun 2020, menetapkan kepada : H Sukirman, S.H., sebagai calon Bupati Bangka Barat dan Bong Ming-Ming, S.E., sebagai calon Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

” Maka dalam sidang paripurna yang terhormat ini, kepada seluruh hadirin dan masyarakat Kabupaten Bangka Barat, DPRD Kabupaten Bangka Barat menyampaikan pengumuman usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Terpilih tahun 2020 dan pengumuman Usulan Pengesahan Pemberhentian Bupati Bangka Barat masa jabatan 2016-2021,” kata H. Okto.

Dalam Surat Keputusan ( SK ) DPRD Bangka Barat Nomor 188.4/1/4.1.1.1/2021 Tentang Usulan Pengesahan, Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Terpilih 2020 dan Usulan Pengesahan Pemberhentian Bupati Bangka Barat masa jabatan 2016 – 2021 yang dibacakan Sekretaris DPRD Bangka Barat, Amir Hamzah menyatakan, pihaknya akan menyampaikan SK tersebut Kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ditindaklanjuti, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Ditambahkan Amir usai rapat, Bupati Markus masih masuk kantor menyelesaikan sisa masa jabatannya hingga tanggal 22 Maret 2021 mendatang. Mengenai kapan bupati dan wakil bupati baru akan dilantik, Amir menyebut hal itu tergantung Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

” Masalah pelantikannya itu tergantung dari Gubernur karena itu ranahnya Provinsi. Jadi pelantikan bupati baru belum ada jadwalnya,” ujar dia. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: