Kunjungan Kedua Kapal Pesiar Coral Adventurer ke Muntok Sepi Sambutan

Muntok — Untuk kali kedua, Kapal Pesiar MV Coral Adventurer menyinggahi Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Kapal berbendera Australia berkapasitas 120 penumpang dan 48 crew ini berlabuh di perairan Tanjung Kalian pada Kamis, ( 30/1/2020 ) sekitar pukul 11:30 WIB.

Namun pada kedatangan yang kedua ini, jumlah penumpangnya hanya 33 orang, padahal saat kedatangan pertama tanggal 24 April 2019 silam, jumlah penumpang kapal ini mencapai 106 orang.

Para wisatawan tersebut didominasi warga negara Australia sebanyak 20 orang, sedangkan selebihnya berasal dari berbagai negara diantaranya, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada, Italia dan Jerman.

Para penumpang kapal pesiar kecil ini pun berkeliling mengunjungi sejumlah destinasi wisata sejarah di kota Muntok
seperti Museum Timah, Rumah Mayor, Kelenteng Kung Fuk Miao, Masjid Jamik dan Mercu Suar Tanjung Kalian.

Berbeda dari kunjungan sebelumnya, dimana para turis disambut meriah dengan berbagai acara dan dihadiri Bupati Bangka Barat, Markus beserta jajarannya, kali ini tidak terlihat sambutan meriah dari Pemda. Tamu mancanegara ini hanya dilepas dengan tarian perpisahan dari Sanggar Panglima Angin, Muntok.

Menurut Indah Permata Sari dari Travellova, Belitung, pihak yang menangani kedatangan para wisatawan tersebut, kali ini memang tidak ada sambutan meriah atau acara seremonial seperti tahun lalu. Hal itu atas request para wisatawan sendiri.

” Memang tahun ini beda, tahun kemarin mereka mau di blow up, tahun ini mereka pengen tenang karena ini kan tujuan terakhir mereka, jadi mereka pengennya biasa aja, itu memag request dari mereka,” jelas Indah Permata Sari usai melepas para wisatawan di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kamis ( 30/1/2020 ) sore.

Alasannya lanjut dia, untuk kunjungan tahun ini Tanjung Kalian dijadikan destinasi penutup dari rangkaian tour di Pulau Bangka sebelum kapal bertolak ke Singapura.

Namun sebutnya, pihak Travellova tetap menghubungi Dinas Pariwisata Bangka Barat, meskipun tidak ada acara sambutan seperti tahun lalu.

” Kalau ini kan terakhir jadi mereka pengen seperti tour biasa aja. Kita kasih tau koq ke Dinas Pariwisata, tapi kalau untuk ke dinas lain ke SKPD lain tidak ada pemberitahuan itu bukan wewenang kita karena kita sendiri cuma land operator daratnya,” ujarnya.

Menurut Indah, setelah ke Singapura, Kapal Pesiar MV Coral Adventurer akan mengunjungi Pulau Belitung.

” Kapal Coralnya sendiri ke Muntok ini untuk yang kedua kali, untuk ke Belitung, besok tanggal 4 Februari mereka masuk itu yang keempat kalinya. Kita handle dari Travellova,” tutupnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: