Kope Jumat ala Puskesmas Muntok, Deteksi Dini Penyakit Berbahaya

Muntok — Puskesmas Muntok menggelar kegiatan bertajuk Kompak dan Peduli menuju Muntok Sehat ( Kope Jumat ) dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Aksi tersebut dilaksanakan di Jalan siswa Dusun VII Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Minggu ( 9/8/2020 ).

Menurut Kepala Puskesmas Muntok, Harianto, untuk selanjutnya kegiatan serupa akan digelar secara rutin. Tujuannya, untuk mencegah penyakit tidak menular seperti jantung, kencing manis, kanker dan penyakit lainnya.

” Yang tidak menular yang kita lakukan screening lintas program dari Puskesmas Muntok. Jadi semua program yang berhubungan dengan penyakit tidak menular kita turunkan untuk mengetahui, mendeteksi dini penyakit penyakit – penyakit yang bakal membahayakan warga, khususnya Jalan Siswa Dusun VII Desa Belo Laut Kecamatan Muntok,” jelas Harianto.

Dia memaparkan, sasaran dalam kegiatan ini diantaranya kencing manis dan hipertensi. Total usia produktif sekitar 11.000 untuk Kecamatan Muntok. Pasca Covid – 19 ini, pihaknya mengupayakan pelayanan dengan target minimal 80% dari sasaran tersebut, sebab masyarakat punya hak diperiksa dan diketahui kondisi sakitnya sebelum terkena penyakit.

” Artinya kita sudah tahu sehingga bisa mencegah, baik dari makanan, pola hidup dan sebagainya,” bebernya.

Tim Medis yang terlibat kata Harianto terdiri dari dua dokter dan perawat yang berjumlah 12 orang.

” Ini sampai di akhir tahun kita akan lakukan rutin, bekerja sama dengan lintas sektor. Kami butuh peran serta dari unsur kelurahan, desa untuk mengayo – ayokan, mengajak masyarakat agar sadar mau dan mampu memeriksakan dirinya dan ini gratis,” cetus dia.

Syaratnya mudah, masyarakat hanya perlu membawa KTP atau Kartu Keluarga ( KK ). Dia menyebut, hingga sore hari, kegiatan ini diperkirakan dihadiri 110 orang.

” Harapan kepada masyarakat, ayo kita sadar tentang kesehatan kita yakinkan bahwa kita dalam kondisi sehat dengan memeriksakan diri, baik itu di Posyandu maupun pada saat screening seperti ini. Kalau nanti hasilnya itu kurang baik tentunya melakukan Pola Hidup yang Sehat, PHBS, tatanan rumah tangga kemudian lagi rajin olahraga dan sebagainya itu harus mengetahui artinya mencegah daripada nanti kita mengobati,” tutup Harianto. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: