Kades Air Putih Bertekad Jual Buah Keranji hingga ke Timur Tengah

Muntok — Kepala Desa Air Putih, Ayun Permana menyambut baik pembangunan rumah produksi pengolahan buah keranji, galeri, jalan paving blok dan drainase di desanya.

Dia menegaskan, buah keranji merupakan ciri khas Desa Air Putih yang harus dipertahankan, jangan sampai diklaim oleh desa lain.

Potensi buah keranji tersebut kata Ayun akan ia kembangkan secara luas dengan menggandeng dinas terkait, baik dari kabupaten hingga provinsi.

” Potensi ini kita ambil kerjasama dengan dinas – dinas terkait juga dari provinsi bahwa Desa Air Putih ini punya khas buah keranji. Jadi nanti kita buat peraturan dibantu oleh Bapak Bupati, terutama pemasarannya,” tukas Ayun Permana dalam acara peletakan batu pertama pembangunan rumah produksi buah keranji di Kebun Desa Air Putih, Rabu ( 5/8/2020 ) pagi.

Dia melanjutkan, buah keranji tidak bisa dipanen setiap tahun, tapi dua tahun sekali. Untuk menjaga ketersediaan stock, pihaknya akan memberdayakan BUMDes untuk menyimpan buah kecil berkulit hitam ini. Selain itu, Ayun berniat memasarkan buah keranji hingga ke pasaran dunia.

” Maka dari itu dari BUMDes akan menyimpan nanti. Pengolahan ini akan kita buat supaya lebih maju kita pun akan menerobos ke pasaran dunia,” cetusnya.

Untuk itu, Ayun membidik pasar Timur Tengah dengan cara menjalin kerja sama dengan pemilik toko keturunan Arab yang ada di kota Muntok sebagai penampung.

” Kami akan memasarkan ke Timur Tengah melalui toko orang ayeb atau orang Arab, mereka ini sebagai penampung yang punya modal bahwa buah keranji ini akan disebarkan ke Timur Tengah, tapi karena Covid banyak dari para pedagang ini agak mandeg. Makanya kami minta bantuan dari dinas tentang perizinan atau bagaimana,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: