Jelang Pendaftaran Paslon Pilkada, KPU Babar Gelar Raker Persiapan Pencalonan

Muntok — Jelang perhelatan Pilkada serentak yang tinggal hitungan bulan, KPU Bangka Barat menggelar Rapat Kerja ( Raker ) Persiapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat tahun 2020 di D’Orange Cafe, Jalan Raya Peltim, Muntok, Kamis ( 6/8/2020 ).

Rapat dihadiri pengurus Partai Politik serta stakdehoder terkait, seperti PN Muntok, Polres, Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Kesbangpol serta Rutan Muntok.

Ketua KPU Bangka Barat, Pardi mengatakan, Raker ini digelar dalam rangka persiapan untuk kesiapan pencalonan pemilihan bupati dan wakil bupati Bangka Barat tahun 2020.

” Tujuannya untuk mensosialisasikan syarat pencalonan dan syarat calon, jadi ada dua yang kita sampaikan. Pertama, saat pencalonan terkait dengan pemenuhan syarat jumlah kursi maupun dukungan. Yang kedua, syarat calon. Syarat calon ini bersifat individu, jadi berkas – berkas apa saja yang perlu dipersiapkan,” jelas Pardi usai Raker, Kamis ( 6/8 ) di D’Orange Cafe.

Lanjut Pardi, selain pengurus parpol, pihaknya sengaja mengundang stakeholder seperti Kepolisian, Pengadilan Negeri ( PN ) Muntok, Kejari serta Rutan Muntok karena keterkaitan syarat pencalonan peserta Pilkada.

” Dari PN, Kepolisian karena ada beberapa syarat calon itu nanti menyangkut dengan stakeholder yang mengeluarkan surat keterangannya. Misalnya, dia mantan terpidana itu kan Lapas, PN yang menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak lagi di penjara misalnya atau sudah keluar dari masa tahanannya,” bebernya.

Tahap selanjutnya setelah Raker ini adalah pengumuman pendaftaran calon. Hal ini kata Pardi akan disosialisasikan secara khusus kepada Parpol karena menyangkut persyaratan dokumen yang lebih spesifik. Namun, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis ( Juknis ) dari KPU RI.

” Kalau sudah ada juknisnya nanti kami undang lagi partai politik untuk lebih spesifik, artinya kita sedang mengarah ke dokumen – dokumen yang harus mereka isi,” jelasnya.

Sedangkan tanggal 28 Agustus 2020 mendatang, KPU Bangka Barat sudah mengumumkan kepada publik tentang pendaftaran pasangan calon. Kata Pardi, pendaftaran Paslon peserta Pilkada dibuka selama tiga hari dari tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang.

” Nanti kita standby menunggu siapa yang mendaftar. Hari terakhir sampai pukul 24 : 00 WIB. Hari pertama kedua hanya sampai jam empat sore sesuai jam kerja,” ujarnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: