Ini Tugas Pertama Anggota PPS Setelah Dilantik

Bangka Barat — Ketua KPU Bangka Barat Pardi melantik dan mengambil sumpah 198 anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Pemilu 2024, di Gedung Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat di Kecamatan Muntok, Selasa ( 24/1/23 ).

198 anggota PPS tersebut berasal dari 60 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Bangka Barat.

“Masing – masing desa dan kelurahan itu ada 3 orang PPS,” ujar Ketua KPU Bangka Barat, Pardi kepada wartawan usai pelantikan.

Anggota PPS yang dilantik, mulai Februari 2023 hingga tahapan Pemilu berakhir pada Maret 2024 akan menerima honorarium setiap bulan. Nominalnya kata Pardi untuk Ketua PPS sebesar Rp 1.500.000,00 dan anggota sebesar Rp 1.300.000,00.

Dikatakannya tugas pertama anggota PPS setelah dilantik adalah, mereka harus menyiapkan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih ) di bulan Februari nanti, sebab saat ini Pemilu 2024 sudah sampai ke tahapan pemutakhiran data pemilih.

Menurut Pardi, PPS harus merekrut Pantarlih dan membantu mereka melakukan pencocokan dan penelitian ( coklit ) untuk mendata pemilih dari rumah ke rumah atau door to door.

“Jadi di bulan Februari mereka sudah harus menyiapkan Pantarlih. Nanti mereka akan merekrut Pantarlih dan membantu Pantarlih dalam melakukan coklit pencocokan dan penelitian door to door untuk mendata pemilih. Nah ini lah tugas pertama PPS nanti,” terangnya.

Pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap anggota PPS. Menurut Pardi salah satunya yaitu peningkatan kinerja penyusunan daftar pemilih, apalagi saat ini terjadi penambahan jumlah pemilih di Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak hampir 15.000.

“Dulu itu 134.000 di Pilkada, sekarang DP4 yang kita terima dari KPU RI itu sudah 149.000, otomatis ini menjadi PR bagi kawan – kawan PPS untuk melakukan pemetaan TPS lebih awal,” katanya.

“Harapannya PPS bekerja dengan baik berintegritas, profesional. Orientasi kita sebagai pelayan masyarakat dalam pemungutan suara. Itu yang paling penting yang saya sampaikan kepada PPS. Jadi orientasinya itu, jadi lah pelayan dalam masyarakat untuk memilih maupun peserta Pemilu untuk memenuhi tugas – tugas mereka,” tutup Pardi.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming yang turut hadir pada acara ini berpesan agar anggota PPS mempersiapkan mental yang kuat dalam menghadapi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Baik buruknya Kabupaten Bangka Barat berada di tangan kalian sebagai PPS. Apapun keputusan yang kalian buat semua itu butuh perjuangan kalian semua untuk menjadikan pemilihan di Kabupaten Bangka Barat ini menjadi dapat terkendali,” kata Wabup.

“Selamat bertugas dan bekerja. Apapun jabatan yang kalian emban agar dapat berbuat baik dan benar serta amanah,” sambungnya.

Acara pelantikan anggota PPS juga dihadiri perwakilan Forkopimda, Bawaslu Bangka Barat serta pihak terkait lainnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: