DUTA BESAR AUSTRALIA AJAK KERJASAMA LINDUNGI SITUS SEJARAH DI MUNTOK

BANGKA BARAT225 Dilihat
Duta Radio – Kota Muntok punya keterkaitan sejarah dengan Australia. Sejarah Perang Dunia Ke II di Pantai Radji yang menewaskan para perawat dari Australia pada tahun 1942 melatarbelakangi kunjungan warga Australia ke Muntok setiap tahun.
Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Dua dan Konsul Kedutaan Besar Australia Michael Lyons di hadapan peserta Seminar Sehari yang diselenggarakan Muntok History Volunteers Group ( MHVG ) di Orange Café Muntok dan dihadiri tokoh – tokoh pemerhati sejarah dan budaya Muntok  , Kamis ( 4/5/2017 ).
Michael Lyon berkunjung ke Muntok bersama atasannya, Majel yang menjabat sebagai Konsulat Jenderal Kedutaan Besar Australia.
Ia mengatakan kunjungan ke Muntok kali ini merupakan kunjungan keduanya setelah sebelumnya ia pernah datang ke Muntok pada bulan Februari 2017 saat Peringatan Ke – 75 tahun peristiwa Pantai Radji menemani Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson.
Mengenai tujuannya datang ke Muntok, Michael mengatakan mereka ingin menjalin kerjasama dengan MHVG untuk menjaga dan merawat beberapa Tugu Peringatan yang ada di Muntok, salah satunya Tugu Peringatan terbunuhnya Vivian Gordon Bowden, seorang diplomat Australia yang dibunuh tentara Jepang di Camp Tahanan bioskop Samudra dekat Pelabuhan Lama Muntok pada tanggal 17 Februari 1942.
“Kami disini kali ini untuk bekerjasama dengan kelompok Muntok History Volunteers untuk merawat tempat peringatan itu karena menurut kami itu sangat penting, karena dia diplomat Australia yang dibunuh disini dan kami berharap tempat itu dilindungi untuk masa kedepan,” ungkapnya dalam bahasa Indonesia.
Ia melanjutkan, keterkaitan sejarah antara Muntok dan Australia akan berdampak akan bertambahnya kunjungan warga negara Australia ke Muntok.
“Kalau ada kesempatan kami akan mengusulkan itu kepada mereka, itu penting untuk kami juga. Kami sangat menghargai semua bantuan yang kami terima dari orang Muntok khususnya kelompok Muntok History Volunteers,” ujar Michael.
Ia berharap kedepan akan terjalin kerjasama yang baik antara Muntok dan Australia dalam menjaga dan melindungi situs – situs sejarah yang ada di Muntok. ( SK )