Dialog Kebangsaan HUT TVRI di Babar, Babel Jadi Contoh Kebhinekaan yang Harmonis

Muntok — Rangkaian acara Hari Ulang Tahun TVRI ke – 58 di Bangka Barat, salah satunya adalah Dialog Kebangsaan “Merawat Indonesia dari Bumi Bangka” yang digelar di Pesanggrahan Muntok pada Rabu ( 19/8/2020 ) malam.

Kegiatan ini menghadirkan para petinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Babel ) dan Kabupaten Bangka Barat. Pembicara dalam dialog kebangsaan ini yaitu, Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman, Kapolda Babel, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat dan Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik ( LPP ) TVRI Kepulauan Babel, Iman Brotoseno.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Babel, Melati Erzaldi, Kepala Kejaksaan Tinggi Babel, Dr. I Made Suarnawan,S.H.,M.H., Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., bersama Pj. Sekda, Hartono, S.E., Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah serta Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa.

Dirut LPP TVRI Kepulauan Babel, Iman Brotoseno mengatakan, sesuai dengan misinya, TVRI diamanahkan oleh Undang – Undang untuk merawat kebhinekaan.

Keharmonisan dari keberagaman kata Iman, dapat dilihat di Bangka Belitung. Sebagai salah satu contohnya, Kelenteng Kung Fuk Miao dan Masjid Jamik di Muntok yang berdiri berdampingan.

” Kita bisa melihat bagaimana akulturasi budaya sejak lama disini. Ini nggak usah jauh-jauh, itu ada kelenteng dengan berdampingan dengan masjid itu merupakan simbol akulturasi budaya yang sebenarnya merupakan ciri khas kebhinekaan dan ini harus kita jaga,” cetus Iman Brotoseno.

Menurutnya, TVRI berkewajiban untuk terus menjaga hal tersebut, bahkan dengan deadline-nya sebagai Media Pemersatu Bangsa, sebenarnya TVRI mempunyai tanggung jawab untuk merawat nilai-nilai kebangsaan.

” Saya rasa kedepan konten-konten dari Bangka Belitung akan sangat bermanfaat, bisa menjadi konten-konten mengisi yang sesuai dengan nafas kebangsaan. Jadi kita bisa melihat ada budaya Melayu, budaya Tionghoa, budaya lokal dan semuanya melebur jadi satu disitu. Jadi kita bisa melihat Indonesia Mini disitu sebenarnya,” cetus Iman. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: