Cegah Peredaran Narkoba, Kepala Rutan Muntok Gelar Inspeksi Mendadak

Muntok — Kepala Rumah Tahanan ( Rutan ) Negara Kelas IIB, Muntok, Abdul Rasyid Meiliala menggelar Inspeksi Mendadak ( Sidak ) di dalam blok tahanan warga binaan, Kamis ( 27/8/2020 ).

Sidak melibatkan Kepala Kesatuan Pengamanan, Alex Rizki Wijaya, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Iwan Kurniawan dan seluruh petugas pengamanan Rutan.

Menurut Abdul Rasyid, sasaran yang dibidik pada sidak ini yaitu peredaran narkoba di dalam rutan. Pihaknya berupaya mendeteksi dini kemungkinan adanya barang haram tersebut. Disamping itu, gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan juga menjadi target.

” Hal ini menindaklanjuti instruksi dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan agar Rutan dan Lapas dapat melakukan pencegahan peredaran gelap narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas dan Rutan,” jelas Abdul Rasyid Meliala, Kamis (27/8 ).

Meskipun tidak menemukan narkoba dan barang sejenis lainnya, petugas menyita benda – benda yang dianggap berbahaya dan dapat menjadi pemicu keamanan dan ketertiban di dalam Rutan.

” Tidak ditemukan adanya narkoba, obat – obatan dan barang terlarang lainnya, Cuma benda sendok, gunting kuku, tali sepatu, alat cukur, kaca, kawat,kabel listrik, botol kaca spion motor, dan gantungan baju, barang – barang tersebut langsung disita dan dimusnahkan,” tandas Abdul Rasyid.

Menurut dia, sidak tidak berhenti sampai disini, sebab ke depan pihaknya akan terus melakukannya sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Rutan Muntok guna mencegah peredaran dan narkoba dan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam blok hunian warga binaan.

” Sidak dan razia semacam ini nantinya menjadi agenda rutin kami sebagai komitmen serta mendukung program Dirjenpas. Dan sidak hari ini berjalan dengan aman, tertib dan terkendali,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: