Cegah Barang Ilegal Masuk ke Bangka, Polairud Polres Babar Bongkar Terpal

Muntok — Sat Polairud Polres Bangka Barat semakin memperketat jalur keluar masuk barang di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok dengan melakukan pemeriksaan setiap kendaraan bermuatan yang datang dan hendak meninggalkan pelabuhan.

Sejumlah personel pun diterjunkan sejak kemarin, Kamis ( 14/10/2022 ). Menurut Kasat Polairud Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto, hal itu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan demi keselamatan penumpang kapal ferri.

Namun hal yang tidak kalah penting kata Sugiyanto, pemeriksaan bertujuan
mencegah masuknya barang ilegal ke Pulau Bangka.

“Karena itu muatan setiap kendaraan diperiksa. Kita antisipasi barang ilegal masuk ke Bangka melalui Pelabuhan kapal ferri Tanjung Kalian,” kata Sugiyanto, Jum’at ( 14/10 ).

Petugas gabungan Polairud, Satreskrim, Sat Samapta serta Polsek Muntok tidak hanya memeriksa dokumen, tapi juga membuka terpal yang menutupi muatan untuk melihat fisik barang yang dibawa.

Bila ditemukan barang yang tidak sesuai manifes, barang ilegal, apalagi barang – barang yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi para penumpang akan diamankan.

“Untuk pemeriksaan dilakukan setiap hari, siang dan malam. Diperketat pemeriksaan karena pelabuhan merupakan pintu masuknya barang ilegal. Pemeriksaan memang memakan waktu karena hampir semua sopir menutup bak truk dengan terpal tebal dan berlapis,” ujar Sugiyanto.

“Kita suruh buka terpalnya, biar jelas apa yang dibawa, kalau ada barang ilegal maka kita amankan dulu,” sambungnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *