BABAR SIAPKAN PERGELARAN SENI TRADISIONAL

MUNTOK-RADIO DUTA. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan menggelar Pagelaran Seni Tradisional 2016 dengan melibatkan seniman tradisi dari 25 sanggar seni tradisonal. kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada para pelaku seni tradisional untuk melestarikan budaya warisan leluhur . Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno mengatakan, pagelaran seni tradisional berupa pertunjukan seni dambus, campak, rudat dan rebana rencananya dilaksanakan pada 19-20 November 2016 di kawasan Pantai Baturakit, Muntok .

“Pelaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam pelestarian warisan budaya daerah sekaligus memberikan penghargaan kepada para pelaku seni tradisional untuk unjuk kebolehan di atas panggung yang lebih layak,” Kata pria yang akrab di sapa Seno Kepada Radio Duta¬†, Rabu (16/11/16).

Dikatakan Seno selama ini seniman seni tradisonal , jarang mendapatkan kesempatan tampil diatas pentas, hanya tampil di acara kampung atau pesta adat, melalui pagelaran seni tradisional diharapkan masyarakat semakin memahami keberadaan seni warisan leluhur tersebut.Selain itu sebagai upaya pelestarian kesenian, ajang yang baru pertama kali digelar tersebut diharapkan bisa mengangkat nilai-nilai budaya lokal sehingga memperkuat jati diri masyarakat setempat.

“Untuk tahun ini kami beri kesempatan khusus kepada pelaku seni dan sanggar seni tradisional di Bangka Barat, namun untuk tahun depan kemungkinan akan mengundang sanggar-sanggar yang ada di luar daerah,”ujarnya

Lebih lanjut Ia juga berharap melalui kegiatan itu, kesenian tradisional tetap bertahan dan terus menunjukkan eksistensinya dalam menjaga kekayaan budaya lokal

” Pagelaran ini bukan lomba, namun kami yakin akan mendapat apresiasi sekaligus memberikan motivasi bagi para pelaku seni tradisional,” pungkasnya. ( kris ).

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: