Waspada Corona Varian Baru, Mikron Minta Perketat Prokes

HEADLINE, KESEHATAN111 Dilihat

Pangkalpinang — Virus Corona varian baru sudah masuk ke Indonesia. Varian baru tersebut antara lain B117 asal Inggris, B1351 asal Afrika Selatan dan varian mutasi ganda dari India, B1617.

Virus B.117 saat ini merupakan varian Corona yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara. WHO mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49% varian B117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara.

Sebaran kasus varian baru di Indonesia antara lain varian jenis B1617 ada di Kepulauan Riau 1 kasus, dan DKI Jakarta 1 kasus. Varian B117 ada di Sumatera Utara 2 kasus, Sumatera Selatan 1 kasus, Banten 1 kasus, Jawa Barat 5 kasus, Jawa Timur 1 kasus, Bali 1 kasus dan Kalimantan Timur 1 kasus.

Tak pelak Bangka Belitung ikut merasa resah akan perkembangan Corona varian baru ini. Kepala Pelaksana Harian ( KALAKHAR ) BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa memberi tanggapan akan hal ini, saat ditemui di ruang kerjanya Rabu, ( 16/6 ).

” Harus memperketat Prokes Covid-19 dengan memakai masker dua lapis, namun sosialisasi hal tersebut belum dilakukan secara masif. Untuk hal ini kita harus berkoordinasi dengan Diskominfo terkait sosialisasi dan edukasi ke masyarakat” ujarnya.

Mikron menambahkan, pemeriksaan dan penjagaan oleh Satuan Tugas Covid-19 pada pintu masuk Bandara dan pelabuhan harus ditingkatkan, mengingat banyak masyarakat pendatang yang memasuki wilayah Bangka Belitung secara ilegal atau jalan tikus, tanpa menyertakan keterangan sehat bebas Corona dari unit kesehatan.

Kemudian pemberian vaksinasi Covid-19 secara terstruktur harus dilaksanakan di wilayah Bangka Belitung. Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkolaborasi bersama TNI dan Polri melakukan percepatan vaksin kepada masyarakat secara merata.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid – 19 yang masih terus berlangsung.

” Memperketat prokes Covid-19, meningkatkan kinerja Satgas Covid – 19 pada penjagaan dan pemeriksaan kesehatan para pendatang di bandara dan pelabuhan – pelabuhan, dan melaksanakan vaksin adalah tiga hal yang harus dilakukan secara komprehensif dan koordinatif antara steakholder yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” tutup Mikron. ( Rilis ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *