Sempat Molor Dua Tahun, Erzaldi Lakukan Peletakan Batu Pertama Proyek Kolam Retensi Muntok

Muntok — Rencana Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membangun kolam retensi penahan banjir di Sungai Kampung Ulu, Kecamatan Muntok akhirnya terealisasi.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kolam retensi Sungai Kampung Ulu di Jalan Kejaksaan, Muntok pada Jum’at ( 9/4 ) siang.

Erzaldi mengakui, proyek ini sebenarnya sudah dicetuskan sejak dua tahun lalu, dan di tahun 2021 ini rencana tersebut baru bisa terwujud. Dia mengatakan, setelah kolamnya, tahun depan Pemprov merencanakan untuk membangun tamannya.

” Jadi ini nanti tidak saja sebagai kolam retensi, tapi kiri kanan dan sekelilingnya adalah fungsi hijau. Jadi taman bermain dan akan dijadikan salah satu destinasi masyarakat kita untuk menikmati keindahan kolam ini sendiri sekaligus dijadikan ajang silaturahmi masyarakat disini,” papar Erzaldi dalam sambutannya.

Menurut dia, nantinya taman di kolam retensi akan dirancang sedemikian rupa disesuaikan dengan tema kota heritage yang disandang Muntok. Kolam ini pun rencananya akan dijadikan destinasi wisata air.

Disamping itu, proyek ini merupakan lanjutan dari check dam di Sungai Ciulong yang sudah dibangun oleh Pemkab Bangka Barat yang befungsi sebagai penahan debit air guna mengurangi banjir.

” Jadi ini adalah titik kedua sebagai penahan air yang kedua setelah di hulu,” sambungnya.

Dia berharap kehadiran kolam retensi akan dapat mengurangi banjir di kota Muntok secara bertahap. Untuk itu, Gubernur minta dukungan masyarakat, khususnya warga Kampung Ulu yang berada di sekitar lokasi proyek dan paling rentan terkena banjir.

” Mudah – mudahan dukungan yang sepenuh hati terus kita dorong untuk terciptanya kegiatan kita ini nanti ke depan lebih baik lagi, dan masyarakat kami harapkan Insya Allah dapat merasakan kehadiran projek ini,” tandas Erzaldi.

Erzaldi hadir didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Pemprov Babel dan jajaran. Hadir pula Plh. Bupati Bangka Barat, Muhammad Soleh dan Kepala Dinas PUPR Suharli, Kapolres AKBP Fedriansah, Calon Bupati Bangka Barat Terpilih, H. Sukirman serta segenap undangan lainnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: