Pemda Bangka Barat akan Siapkan Lahan untuk ASDP Bangun Dermaga

BANGKA BARAT — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berencana menyiapkan lahan untuk membangun dua dermaga di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Mentok.

Dua dermaga itu dibangun untuk meningkatkan pengawasan kendaraan dan barang yang keluar masuk di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok – Pelabuhan Tanjung Api-api Sumatra Selatan.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan, rencana itu telah dibahas Pemda bersama PT ASDP.

“Kemarin bersama ASDP berencana pembangunan dermaga baru, menjadi dua dermaga rencananya. Kita kolaborasikan bersama Pemkab Bangka Barat, kita punya lahan. Sehingga kita bise screening pintu masuk dan keluarnya,” jelas Wabup BMM, baru – baru ini.

Menurut BMM tujuan membangun dua dermaga di Pelabuhan Tanjung Kalian itu untuk meminimalisir keluar masuk barang berbahaya. Apalagi belum lama ini pelaku kejahatan berhasil meloloskan mayat ke Sumatera Selatan.

“Itu tujuannya untuk meminimalisir terjadinya arus narkoba, kemarin sempat ada mayat yang nyebrang dan penyelundupan timah dan sebagainya,” imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya dua dermaga itu barang-barang terlarang tidak dapat lagi masuk melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok.

Dinas Perkimhub telah melakukan komunikasi awal, setelah itu BMM akan memanggil pihak PT ASDP untuk berdiskusi mengenai rencana itu, setelah itu Pemda akan berkomunikasi dengan PT ASDP pusat.

Pemda juga akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mengenai keamanan barang-barang yang masuk ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Tanjung Api-api – Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok

“Harapanya juga ke depannya seperti itu ada sinergi dengan kawan-kawan di Sumatra Selatan, terutama di Pelabuhan Tanjung Api Api. Dua pintu gerbang ini bisa bersinergi, jika lolos di Tanjung Kalian Mentok tapi tidak lolos di tanjung api-api dan sebaliknya,” tutupnya. ( SK )


Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *