Markus: Kota Muntok Menjadi Bagian dari Sejarah Perjuangan Bangsa

Muntok — Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., turut hadir dalam Dialog Kebangsaan ” Merawat Indonesia dari Bumi Bangka” yang digelar di Pesanggrahan Muntok pada Rabu ( 19/8/2020 ) malam.

Dalam kesempatan itu, Markus menyatakan dirinya begitu bangga menjadi masyarakat Bangka Barat. Menurutnya, Bumi Sejiran Setason, khususnya kota Muntok begitu banyak menyimpan aset sejarah, diantaranya Rumah Mayor yang hingga kini masih berdiri kokoh di daerah Pasar Muntok.

” Kami sangat bangga sekali, karena sebagai Kota Pusaka, kota Muntok ini begitu banyak sejarah. Kita punya Rumah Mayor, bayangkan, dulu orang tahunya Muntok, kita sudah ada Mayor, setingkat walikota,” ujar Markus saat berkesempatan berbicara pada acara HUT TVRI ke – 58 ini.

Kisah lain yang juga tertulis dengan manis pada buku sejarah perjuangan bangsa, saat The Founding Fathers, para pendiri NKRI, Ir. Soekarno dan lain – lain diasingkan ke kota Muntok. Hal itu kata Markus juga menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena kota Muntok ikut menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa.

” Kita tahu kedatangan Bung Karno di bulan Februari 1949, datang ke kota Muntok, tentunya masyarakat menilai bahwa kemerdekaan itu salah satunya dari Muntok, karena kita tahu masyarakat Muntok begitu bersemangat membangkitkan kemerdekaan, yang selalu meneriakkan merdeka merdeka,” ungkapnya.

” Kami percaya masyarakat kota Muntok, Bangka Barat khususnya sangat bangga sekali kita menjadi bagian dari bangsa Indonesia,” sambungnya.

Ketenaran kota Muntok di masa lalu kata Markus, ditambah lagi dengan lada putihnya yang cukup terkenal dengan nama ” Muntok White Pepper ” yang mampu menembus pasar Eropa.

” Bangka khususnya Muntok ini dikenal sekali dengan lada putih, White Pepper. Lada kita sudah sangat dikenal hingga ke Eropa, sampai sekarang menjadi ikon Bangka Belitung, Muntok White Pepper tentunya,” tutup Markus. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: