Lima Hari Operasi Patuh, 225 Tilang Dikoleksi Sat Lantas Polres Babar

Muntok – Sejumlah pengendara roda dua dan roda empat dibuat kaget saat Sat Lantas Polres Bangka Barat menggelar razia dalam rangka Operasi Patuh yang dilaksanakan hari ini, Senin ( 2/9/2019 ) sore.

Razia dipusatkan di dua titik, pertama di ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Museum Timah dan di Jalan Kapten Pierre Tendean. Puluhan kendaraan roda dua terciduk dalam razia ini.

Kasat Lantas Polres Bangka Barat, AKP Toni Susanto mengatakan, Operasi Patuh akan digelar selama 14 hari, terhitung dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

” Untuk tilang yang telah dikumpulkan sampai hari ini berjumlah 225,” ujar Toni Susanto kepada awak media, di depan Museum Timah Muntok, Senin ( 2/9/2019 ) sore.

Target operasi kata dia, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengendara roda empat yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang melebihi batas maksimal kecepatan, pengendara yang melawan arus, pengemudi yang dipengaruhi minuman keras, pengendara masih dibawah umur dan pengendara yang menggunakan handphone saat mengemudi.

” Pelanggaran paling banyak rata – rata kalau pengendara roda empat, tidak menggunakan safety belt, kalau pengendara roda dua, helmya tidak standard SNI. Kalau surat – surat kendaraan, rata – rata nggak dibawa,” ungkapnya.

Namun pengendara yang tidak membawa kelengkapan dokumen kendaraanya tidak langsung ditilang, bagi yang tidak membawanya diminta untuk mengambil dan menunjukkannya.

” Kita lihat dulu, ketika dia tidak bisa menunjukkan ya ditilang, sebenar nya itu kan wajib membawa surat – surat itu kan identitas kendaraan,” cetus Toni.

Selanjutnya, kata Kasat Lantas, operasi akan digelar ke kecamatan lain di Bangka Barat, seperti Kecamatan Jebus, Kelapa, Simpang Teritip dan Tempilang.

” Kita akan bagi ke kecamatan lain juga, sehingga Operasi Patuh ini benar – benar bisa memberikan dampak yang positif menekan pelanggaran dan kecelakaan,” tutup Kasat Lantas. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: