Gebyar Bangka Barat Membaca 2019 Diwarnai Penyerahan Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka

Muntok – Acara puncak Gebyar Bangka Barat Membaca 2019, Pameran Literasi dan Lomba Minat Baca yang digelar di Lapangan Gelora, Muntok, Sabtu ( 19/10/2019 ) pagi, diwarnai dengan pemberian penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka kepada instansi pemerintah, pejabat publik, tokoh masyarakat yang aktif menghidupkan dunia perpustakaan dan literasi.

Untuk kategori Instansi Pemerintah, Kejaksaan Negeri Bangka Barat berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Selain itu Kasat Lantas Polres Bangka Barat, AKP Toni Susanto juga ikut menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka kategori pejabat publik dan Kasat Polair Polres Bangka Barat, IPTU Ferry Gunadi kategori Pustaka Bergerak.

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada tokoh masyarakat Choirul Amri, Kepala Sekolah SMAN 1 Jebus, Rizhan Mulawarman dan penggiat literasi Rita Urbaningrum.

Dalam acara puncak Gebyar Bangka Barat Membaca ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat selaku penyelenggara, menghadirkan dua artis yang cukup familiar di dunia literasi, Awam Prakoso dan Ferry Curtis.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial Setda Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh yang hadir mewakili Bupati Bangka Barat mengatakan,
kegiatan Gebyar Bangka Barat Membaca memang diperlukan dan bermanfaat untuk menjadi media penggugah bagi masyarakat Bangka Barat.

Kegiatan yang mengangkat tema ” Inovatif dan Kreatif Melalui Literasi Untuk Menciptakan Generasi Literat Menuju Bangka Barat Hebat Tahun 2021″ diharapkannya dapat menjadi momen yang strategis untuk menjadikan masyarakat gemar membaca dan menulis.

” Membaca juga meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri. Dengan membaca seseorang bisa membuka diri terhadap ide dan informasi baru yang akan membantu perkembangan sisi kreatif otak, karena otak akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berpikir kita. Kegairahan membaca harus terus digerakkan di tengah masyarakat,” kata M. Soleh.

Dia juga berharap, melalui kegiatan Gebyar Bangka Barat Membaca dapat menjadi motivasi bagi pelajar dan masyarakat untuk meningkatkan minat baca.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ismantho, Kepala Diskominfo, M. Kaedi, Camat Muntok, Sukandi, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, Kepala Sekolah dan para guru serta tamu undangan lainnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: