Covid – 19 Bangka Barat Sempat Meledak dengan 19 Kasus Baru

BANGKA BARAT — Kasus Corona Bangka Barat sempat meledak dengan penambahan 19 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Beruntungnya, pasien – pasien tersebut telah habis masa isolasinya. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma menjelaskan, seluruh pasien itu telah menjalani pemeriksaan swab tanggal 12 Januari 2021 lalu. Mereka pun saat itu langsung diisolasi. 

” Kesembilan belas orang yang terpapar Covid – 19 ini telah selesai masa isolasi karena waktu tunggu hasil yang sudah melewati masa karantina. Mereka sudah isolasi sejak diambil swab,” jelas Putra, Kamis ( 11/2/2021 ).

Sampel swab mereka selanjutnya dikirim ke Laskesda Provinsi Babel di Pangkalpinang dan hasilnya dikeluarkan tanggal 9 Februari 2021. Putra menyebut, pihak Labkesda baru merilis hasil tersebut pada Rabu, 10 Februari 2021 kemarin.

” Ini hasil dari Labkesda, jadi memang di Labkesda terkendala dengan mesin extraksi sehingga terbatas dalam pemeriksaan,” tambah Putra.

Menurut dia, riwayat penularan 19 kasus itu berasal dari hasil rapid antigen positif dan kasus kontak erat.

Dijelaskannya, 19 pasien tidak mengalami gejala apa pun sehingga setelah habis masa isolasinya selama sepuluh hari, mereka tidak perlu lagi dikarantina.

” Kami kembali mengingatkan kita bersama bahwa isolasi mandiri setelah dilakukan pengambilan swab sampai dengan minimal sepuluh hari sangat penting,” himbau Putra.

Update data terbaru Covid – 19 Bangka Barat per Kamis, 11 Februari 2021 sebanyak 272 kasus dengan rincian, 17 isolasi, 251 sembuh dan 4 orang meninggal dunia. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: