Bong Ming Ming: Bila Tidak Melapor ke BPJS, Peserta Mandiri Masih Bayar Sendiri

Muntok — Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, proses peralihan dari peserta BPJS mandiri kelas 3 ke program berobat gratis tanggungan Pemda sangat sederhana.

Masyarakat peserta mandiri cukup datang dan melaporkan diri ke Kantor BPJS Kesehatan, maka setelah itu mereka langsung bisa berobat gratis.

Bong Ming Ming memaparkan, bila tidak mendaftar diri dan melapor ke BPJS, maka peserta mandiri dianggap masih mampu dan tetap membayar iuran sendiri setiap bulannya.

” Sebelum mereka beralih ya masih bayar iuran. Kalau belum didaftarkan kita anggap mereka masih mampu untuk mandiri tetapi bila sudah mereka daftarkan, mereka mau beralih ke yang program pemerintah mereka tinggal beralih aja tinggal laporkan ke BPJS, sesederhana itu,” jelas Bong Ming Ming di RSUD Sejiran Setason, Sabtu ( 12/6 ) pagi.

Bagi masyarakat yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan dan ingin berobat juga tidak perlu khawatir. Kata Ming Ming, cukup dengan membawa KTP Bangka Barat, BPJS-nya akan langsung diproses.

Dia menambahkan, bagi masyarakat peserta BPJS kelas 3 yang masih menunggak iuran juga sama, mereka hanya perlu membawa KTP Bangka Barat saja jika ingin berobat. Tunggakannya akan ditahan dulu dan tidak ditagih hingga ditemukan solusi untuk melunasinya.

” Kemarin kita sudah ajukan buat pemutihan, tapi sementara ini program itu belum ada, tapi dijanjikan oleh kawan – kawan BPJS mereka akan ajukan,” imbuhnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi peserta BPJS mandiri kelas 3 yang sudah tidak sanggup lagi membayar iurannya dan ingin beralih ke tanggungan Pemda. Mereka tinggal membawa KTP dan akan dimutasi ke program berobat gratis.

” Berikutnya adalah yang kelas 1 dan kelas 2, kalau memang mereka mau beralih yah silahkan. Mereka punya hak yang sama, semua masyarakat Bangka Barat punya hak yang sama untuk mendapatkan program BPJS gratis ini,” cetusnya.

Memang diakui Ming Ming, program tersebut masih terbentur beberapa kendala. Namun ia menargetkan dalam waktu dua atau tiga bulan ini hal itu akan diperbaiki dan semuanya bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: