Zona Hijau Bangka Barat Kembali Berbuah Kucuran DID Rp. 11, 2 Miliar

Muntok — Kerja keras Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 ( GTPPC – 19 ) Bangka Barat yang diketuai Bupati Markus menjaga zona hijau daerahnya dari pandemi Covid – 19 kembali berbuah kucuran dana pusat.

Bila sebelumnya, Pemkab Bangka Barat menerima Dana Insentif Daerah ( DID ) sebesar Rp. 11,9 miliar, kali ini dana sebesar Rp. 11,2 miliar dari Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ) RI kembali mengucur deras ke Bumi Sejiran Setason.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) Bangka Barat, Abimanyu menjelaskan, alokasi DID tahap dua ini disalurkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 114/PMK.07 tahun 2020 Tentang Lengelolaan DID Tambahan Tahap II.

Menurutnya, DID tahap kedua ini sama dengan tahap pertama yakni diberikan kepada daerah yang memenuhi prasyarat umum dan kinerja.

” Dimana untuk prasyarat umum, Bangka Barat tepat waktu menyampaikan laporan penanganan Covid-19 dan tepat waktu juga menyampaikan data penerima bansos. Sementara berdasarkan syarat kinerja, Bangka Barat bisa pertahankan zona hijau Covid-19,” jelas Abimanyu saat dikonfirmasi, Rabu (2/9/2020 ) sore.

Abimanyu mengatakan, DID tahap II peruntukannya sama seperti tahap pertama yakni dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi di daerah, penanganan Covid dan bantuan sosial.

” Bukan untuk honorarium dan biaya DL,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Markus, S.H., mengucapkan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Pusat terhadap kinerja dan kerja keras Pemerintah Daerah dan masyarakat menangani Covid-19 di wilayah Bangka Barat.

“ DID yang sudah dua kali kita dapat ini merupakan hasil penilaian terhadap kinerja Pemerintah, DPRD, Tim Gugus Tugas, para tenaga kesehatan dan seluruh elemen masyarakat Bangka Barat dalam menangani Covid – 19. Kita akan terus membangun sinergi serta kerja sama yang baik, dan seluruh unsur Pemerintah kabupaten Bangka Barat memastikan selalu hadir bersama masyarakat membantu warga selama Covid-19,” tutup Markus. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: