Tahun 2022, Disperkimhub Pasang Target 200 Titik LPJU

Muntok — Penerangan jalan di Kecamatan Muntok serta daerah – daerah lain di Kabupaten Bangka Barat terbilang masih sangat minim. Karena itu tahun depan Disperkimhub berencana kejar target memasang 200 titik Lampu Penerangan Jalan Umum ( LPJU ), tersebar di enam kecamatan.

Menurut Kabid Perhubungan, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Bangka Barat, Juswardi, awalnya LPJU dianggarkan 118 titik, namun saat reses anggota DPRD banyak permintaan dari beberapa desa, sehingga ditambah menjadi 200 titik.

” Insya Allah 2022 LPJU ada 200 titik di enam kecamatan, mudah – mudahan jadi dan mudah – mudahan tidak kena refocusing anggaran dan tidak di nol kan karena setahun ini kosong karena di nol kan,” kata Juswardi, Kamis ( 4/11 ).

Dijelaskannya, Kecamatan Kelapa akan dipasang sebanyak 38 titik tersebar di Desa Pusuk, Tuik, Kelapa dan Mancung.

Kecamatan Parittiga sebanyak 28 titik, diprioritaskan di Desa Sekar Biru. Sementara Kecamatan Tempilang dan Simpang Teritip juga kebagian 28 titik.

Sedangkan Kecamatan Jebus dapat jatah 32 titik dan Muntok 46 titik.

” 46 titik di Kecamatan Muntok akan disebar di Kelurahan Keranggan, Menjelang, Sungai Baru, Sungai Daeng, Tanjung, Desa Air Belo dan Belo Laut,” lanjut Juswardi.

Menurutnya anggaran untuk rencana tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Barat yang akan mengucurkan Rp. 1, 8 milyar.

Bila target 200 titik tersebut nantinya dapat terealisasi, penerangan jalan di Bangka Barat menurut dia masih tetap terbilang minim, karena secara persentase hanya mencapai kurang lebih 40 persen saja.

” Kalau untuk persentase di daerah desa dan kecamatan masih kecil, paling sekitar 40%. Sebenarnya desa konsepnya bisa mengajukan ke ESDM, tapi mereka pakai tenaga surya, kalau kita pakai tenaga listrik,” ucap dia.

Hal itu membuat Disperkimhub terus berupaya menuntaskan masalah LPJU di Bangka Barat, khususnya untuk Kecamatan Muntok dengan mengejar anggarannya setiap tahun.

Menurut dia, untuk Kecamatan Muntok saja LPJU-nya baru 70 persen dan ke depan diupayakan akan ditambah lagi.

” Kalau untuk Muntok, atau jalan utama itu sekitar 70%. Ini tiap tahun kita kejar terus untuk anggarannya, kemarin juga sudah 12 titik dari Pelabuhan sampai ke Mentok Asin. Nanti aka kita majukan lagi sampai ke Masjid Baitul Hikmah,” tutup Juswardi. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *