PLN Berhasil Pulihkan 100 Persen Kelistrikan Bangka Lebih Cepat

Kelistrikan di Pulau Bangka Kembali Normal

HEADLINE, RAGAM503 Dilihat

BANGKA BELITUNG — PT PLN (Persero) memastikan pasokan kelistrikan Pulau Bangka kembali normal 100 persen dengan keberhasilan menyelesaikan pekerjaan tower emergency pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Kenten-Tanjung Api-api pada Kamis (16/11) pukul 20.37 WIB.

Penyelesaian tower emergency ini dilakukan lebih cepat yakni dalam waktu lima hari dibanding estimasi waktu yang ditargetkan sebelumnya.

Pasokan kelistrikan di Pulau Bangka telah kembali normal. Seluruh penyulang yang defisit 16 November 2023 pukul 23.45 WIB sudah normal kembali. Dari pantauan, seluruh penyulang beroperasi dengan beban maksimal 202 Megawatt (MW).

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menyampaikan apresiasinya atas kerja keras tim gabungan PLN dalam melakukan penormalan kelistrikan dengan cepat.

“Saya sampaikan terima kasih atas kerja baik kawan-kawan PLN Babel dan tim gabungan PLN di Sumsel yang pantang menyerah dan tetap semangat menjaga pasokan listrik,” kata Adi melalui pesan singkat, Kamis (16/11/2023).

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) Mohammad Munief Budiman menjelaskan, dalam penyelesaian tower emergency ini, PLN menerjunkan ratusan personel gabungan dari Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera.

Juga dari UIW Babel, Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) dan Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP SBS), PLN selama 24 jam dalam waktu lima hari.

Tim melakukan serangkaian tahapan mulai dari mobilisasi, perbaikan, hingga energizing pada SUTT 150 KV Kenten-Tanjung Api-api secara cepat.

Munief mengatakan dengan selesainya pekerjaan pemasangan tower emergency ini, menandai telah sinkronnya sistem kelistrikan Pulau Bangka dengan sistem kelistrikan Sumatera. Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan beban puncak di malam hari.

“Pembangunan tower emergency ini sebagai langkah cepat PLN menormalkan kembali kelistrikan di Pulau Bangka melalui pasokan dari Pulau Sumatera,” ujar Munief.

Dia sangat bersyukur proses penormalan kelistrikan bisa diselesaikan lebih cepat sehingga masyarakat Bangka segera dapat menikmati listrik normal kembali.

Meskipun melalui berbagai tantangan di lapangan kata Munief, tim recovery yang bertugas harus melalui medan lokasi yang berat dan cuaca yang ekstrem, namun kendala ini bisa dihadapi Tim Recovery Tower Emergency Restoration System (ERS) dengan pantang menyerah.

PLN mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung dan bahu membahu memulihkan kelistrikan untuk Pulau Bangka. 

“Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat  yang telah mendukung dan memberikan energi positif untuk menuntaskan penormalan ini,” kata Munief

Lebih lanjut, Munief menyampaikan bagi masyarakat yang melihat potensi gangguan kelistrikan dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile.

Narahubung
Zulkarnain
Manajer APKU
PLN UIW BABEL
Tlp. 0717 439300
Facs. 0717 439600

Sekilas Tentang PLN

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri.

Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk solusi energi.

PLN mengusung agenda transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. ( Rilis )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *