Perpustakaan Daerah Bangka Barat Telah Rampung, Tinggal Pematangan Lahan

Muntok — Pembangunan Perpustakaan Daerah ( Perpusda ) Kabupaten Bangka Barat yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Muntok sudah rampung. Pengerjaannya masih menyisakan pematangan lahan sebelum diresmikan di tahun 2021 ini.

Tim dari BPK RI perwakilan Provinsi Bangka Belitung juga hari ini, Kamis ( 4/2 ) telah melakukan pemeriksaan terhadap bangunan perpustakaan megah ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Barat, Ismantho mengatakan, pematangan lahan memang bukan anggaran 2020 tapi 2021.

” Ini sudah selesai semua, jadi tinggal pemeriksaan dari BPK bagaimana nanti. Ini memang bukan di anggaran 2020 tapi anggaran 2021 untuk pematangan lahan. Ini kan kita masih membutuhkan pagar, tempat parkir dan lain – lain,” jelas Ismantho, Kamis ( 4/2/2021 ) disela acara pemeriksaan BPK perwakilan Provinsi Bangka Belitung di Perpustakaan Daerah Bangka Barat, Muntok.

Menurutnya, perpustakaan ini telah menghabiskan anggaran Rp. 10 milyar untuk bangunannya saja. Luas volumenya 2.231 meter persegi. Dana yang dipakai merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat dan hanya ada tujuh daerah diseluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan tersebut.

Untuk Kabupaten Bangka Barat semuanya berjalan lancar karena memang sudah siap melaksanakan pembangunannya, meskipun dalam kondisi pandemi Covid – 19.

” Alhamdulillah kita per 27 Maret 2020 itu memang udah siap di lelang, udah ada pemenang jadi tidak bisa dipotong lagi tidak bisa disingkirkan lagi dari program itu kan kita sudah siap,” imbuh Ismantho.

Nantinya perpustakaan ini akan diresmikan oleh Kepala Perpusnas, Direktur Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas dan Bupati Bangka Barat.

” Peresmian ini nanti akan diiringi dengan webinar dengan minat baca. Untuk meningkatkan minat baca ini keynote speakernya langsung dari Kepala Perpusnas, yang kedua adalah Direktur Pendidikan dan Pelatihan Perpusnas dan yang ketiga Pak Bupati, jadi itu tunggu dulu kesiapan kita pematangan lahannya ini,” tutur Ismantho. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: