PEMKAB BABAR GELAR SOSIALISASI PEMBINAAN KIM TAHUN 2016

MUNTOK-RADIO DUTA .Untuk memudahkan penyebarluasan, sosialisasi dan desiminasi informasi pembangunan,Pemkab menggelar sosialisasi dan pembinaan kepada kelompok informasi  masyarakat (KIM) Kabupaten Babar di Rumah Kebun Muntok Rabu ( 23/11).

Dalam sambutan Bupati Bangka Barat yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat H Rozali mengatakan pada tahap awal pemkab telah melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada kelompok atau komunitas yang sudah terbentuk di masyarakat yang kemudian didorong untuk dibentuk KIM. Menurutnya  KIM  terbentuk karena  peran aktif masyarakat dalam melakukan layanan informasi terhadap berbagai informasi pembangunan sesuai kebutuhan dalam mengakses informasi.

” Melalui pembinaan oleh pemerintah kami harapkan informasi berjalan dinamis sebagai dasar terbentuknya masyarakat madani yang sehat, cerdas, mandiri, terampil, kreatif, inovatif, produktif dan berbudaya tinggi,” Katanya.

Lanjut Rozali berbagai tujuan tersebut bisa terwujud dengan cara pengembangan, pemberdayaan, fasilitasi pelayanan informasi melalui penyebaran informasi untuk masyarakat.Dengan terbentuknya KIM, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi dan inovasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Bumi Sejiran Setason.

” KIM berperan sebagai mediator forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah dan pembangunan, tempat berbagi informasi, pengelolaan informasi dan penyebarluasan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” imbuhnya .

Masih menurut Rozali,  KIM didorong untuk aktif dalam akses informasi, diskusi, pendayagunaan masyarakat, membangun jaringan, penyebarluasan informasi, dan pendampingan kepada masyarakat agar memiliki kemampuan dalam menyampaikan aspirasi.

Sementara itu sebagai bentuk pembinaan aktif, Kepala Bidang Informatika Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto mengatakan telah mengumpulkan sebanyak 50 pengurus kelompok masyarakat, komunitas, pelaku UKM dan karang taruna yang ada di daerah itu.

” Ada 20 perwakilan kelompok dari Kecamatan Muntok sedangkan lima kecamatan lain diwakili masing-masing lima orang kami bekali dengan berbagai materi terkait pembentukan KIM, tugas, fungsi dan manfaatnya,” ujar pria yang akrab disapa Een Rabu (23/11)

Lebih lanjut Ia berharap  pembinaan tersebut bisa berkelanjutan dan anggota kelompok yang diundang semakin aktif dalam pemberdayaan KIM di wilayahnya.

Sosialisasi pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Kabupaten Bangka Barat tahun 2016, di rumah kebun Muntok Rabu ( 23/11/16) menghadirkan narasumber  yaitu Doktor Ahmad Fauzan Syahzian, Kabid sarana komunikasi dan desiminasi informasi ( SKDI diskominfo Provinsi Bangka Belitung dan relawan tekhnologi informasi dan komunikasi ( TIK ) provinsi Bangka Belitung , Akbar Riandi S.kom. ( KS )

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: