Pemkab Babar dan Bawaslu Perkuat Komitmen untuk Pilkada yang Kondusif

Muntok — Bupati Bangka Barat, Markus, S.H. mengatakan, Pilkada kali ini berbeda dari sebelumnya. Hal itu dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda sehingga perlu dilakukan berbagai penyesuaian dan perubahan.

Markus mengatakan hal tersebut saat acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Tentang Peningkatan Peran Fungsi dan Tanggung Jawab Bawaslu dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat tahun 2020, di OR I Setda, Senin ( 6/7/2020 ) pagi.

Kondisi tersebut kata Markus menyebabkan Bawaslu harus melakukan persiapan menghadapi pengawasan Pilkada dalam situasi yang tidak normal.

Keadaan tidak normal akan mempengaruhi proses pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa yang harus disertai pula dengan penerapan protokol kesehatan yang optimal.

” Terkait dengan pelaksanaan kerja sama yang dilaksanakan antara Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dengan Bawaslu, terdapat berbagai ruang lingkup yang luas di antaranya, terkait dengan pertukaran data dan informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bangka Barat tahun 2020, serta pelaksanaan sosialisasi bersama demi mewujudkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkualitas,” jelas Markus.

Lanjut Bupati, melalui momentum penataan kerjasama ini diharapkan dapat semakin memperkuat komitmen baik Pemerintah Kabupaten Bangka Barat maupun Bawaslu untuk senantiasa bersama-sama meningkatkan peran dan fungsinya masing-masing, dalam menjamin pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang kondusif tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

” Kesepakatan bersama ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama oleh Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki keterkaitan dalam melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah ini,” tandasnya.

” Berkenaan dengan itu diharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah maupun Badan Pengawas Pemilihan Umum Bangka Barat agar dapat saling bersinergi dan mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara maksimal,” pungkas Markus. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: