Pelatihan SAR Pertolongan di Atas Air Diharapkan Kurangi Korban Bencana

HEADLINE, MARITIM337 Dilihat

PANGKALPINANG — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung pelatihan potensi SAR pertolongan di atas permukaan air Tahun 2024, yang dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Hal itu, disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa, saat menghadiri kegiatan tersebut, di Belitong Resort, Kota Pangkalpinang, Selasa (4/6/2024).

“Tentunya ada pelatihan ini, dapat mengurangi korban dari bencana,” kata Mikron.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan pelatihan ini berlangsung selama empat hari yang dimulai 4 hingga 8 Juni mendatang. Kegiatan ini melibatkan 50 peserta untuk mendapatkan pelatihan, mulai dari unsur vertikal, ormas serta instansi lainnya.

“Karena 80 persen di perairan maka kita perlu tim yang menolong itu harus memiliki profesional bagaimana mengetahui untuk menolong orang yang butuh pertolongan di air sehingga cara menangani tepat,” kata Oka.

Sedangkan untuk pelatihan, lanjut Oka ditempatkan di Belitong Resort, Kota Pangkalpinang yang dilanjutkan dengan praktek lapangan di Pantai Pasir Padi. Tujuan dari pelatihan ini meningkat pengetahuan dan keterampilan di bidang pencarian dan pertolongan guna mendukung operasi SAR.

“Karena luas wilayah 80 persen adalah air atau perairan dan 80 persen penanganan pencariannya adalah kecelakaan kapal, plus yang membahayakan manusia di air,” tutupnya. ( Dika )



Link sumber: kabarbangka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *