Pasca Penertiban, Pemasangan APK Paslon Pilkada Babar Harus Ikut Aturan

Muntok — Alat Peraga Kampanye ( APK ) yang telah terpasang di sejumlah titik di Kecamatan Muntok dan sekitarnya ditertibkan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, termasuk spanduk bergambar Bupati Markus dan Ketua DPRD, H. Badri Syamsu. Penertiban tersebut telah dilakukan Bawaslu dari kemarin hingga hari ini, Selasa ( 29/9/2020 ).

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi menerangkan, pihaknya telah menertibkan APK sebanyak 578 item selama dua hari ini.

” Jadi sejak kemarin hasil rekapitulasi penertiban APK paslon jumlah keseluruhannya sebanyak 578. Jumlah itu termasuk spanduk yang bergambar Bupati ( petahana Markus ) dan Ketua DPRD ( Badri Syamsu ),” kata Rio, Selasa ( 29/9/2020 ).

Setelah penertiban ini sebut Rio, lokasi atau titik pemasangan APK tidak boleh sembarangan lagi, tapi harus berpedoman kepada aturan yang termuat dalam Surat Keputusan ( SK ) KPU Bangka Barat.

Kata dia, berdasarkan SK tersebut, ada zona – zona yang tidak boleh dijadikan titik lokasi pemasangan APK, diantaranya tempat ibadah, fasilitas pemerintahan dan fasilitas pendidikan dengan radius 10 meter.

Zona lain yang juga harus steril dari APK kata Rio yakni persimpangan jalan karena dikhawatirkan dapat mengganggu lalulintas dan memicu terjadinya kecelakaan.

” Seputaran wilayah pasar tidak boleh di pasang APK. Sedangkan untuk Kecamatan Muntok zona yg tidak boleh di pasang APK mulai dari persimpangan lampu merah Kampung Senang Hati dan kawasan Pasar Muntok,” sambungnya.

Untuk itu, pasca penertiban ini, pihaknya akan terus melakukakan pengawasan pemasangan APK tiga pasangan calon Pilkada Bangka Barat 2020.

Bila ditemui ada APK yang dipasang di zona terlarang, Bawaslu bersama pihak terkait akan menertibkannya.

” Bawaslu akan berkoordinasi langsung dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban APK paslon yang terpasang di zona – zona terlarang,” cetus Rio. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: