Kejari Babar Kerja Sama dengan Rutan Berdayakan Warga Binaan

Muntok– Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Bangka Barat menjalin kerja sama dengan Rumah Tahanan ( Rutan ) Negara Kelas IIB Muntok. MoU yang disepakati bersama tersebut dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN ) yang dicanangkan Pemerintah.

Kerja sama tersebut juga melibatkan
Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( DPMPPTSPTKT ) Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Kejaksaan ( Kajari ) Bangka Barat, Helena Octavianne menjelaskan, kerja sama dengan Rutan Muntok bertujuan untuk memberdayakan warga binaan dan membekali mereka keterampilan. Sedangkan pihak DPMPPTSPTKT diminta berperan menurunkan tenaga penyuluh di Balai Latihan Kerja ( BLK ).

” Dengan begitu warga binaan itu akan dibekali kemampuan. Kepala Rutan bilang kalau bisa seperti di Medan bikin ulos bikin sendal bikin apa,” kata Helena via telepon, Kamis ( 16/10/2020 ).

Hasil karya warga binaan tersebut rencananya kata Kajari akan dipasarkan melalui toko yang dibuat oleh Pemda Bangka Barat.

” Hasil dari kerajinan warga binaan kita bikinlah toko yang dibuat dari Pemda seperti ruko dekat Pelabuhan itu,” ujarnya.

Dikatakan Helena, Kepala Dinas PTSP, Rosdjumiati merespon cepat dan menyambut baik rencana tersebut. Untuk itu pihaknya akan menggelar rapat dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta BLK untuk membahas langkah selanjutnya.

” Kalau saya dari Pengacara Negara untuk membantu pemulihan ekonomi nasional, dimana anggaran-anggaran yang bisa dipakai untuk BLK nanti kita jadikan untuk pilot project untuk warga binaan,” papar Helena.

” Karena BLK sini tidak ada anggaran, toh kalau kita geser anggaran untuk yang lebih bermanfaat, ada hasilnya dimana nyalahin peraturan itu? saya sampaikan bukan kita yang makan uangnya tapi untuk warga binaan yang mana masyarakat Muntok juga rata-rata, dia keluar dia tidak bikin masalah namun bikin usaha,” sambungnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: