Kasus Positif Pait Jaya Bertambah 30, Blokade Jalan Dibuka Besok

HEADLINE, KESEHATAN234 Dilihat

Muntok — Total kasus terkonfirmasi positif Covid – 19 di Dusun VI Pait Jaya, RT.03 RW.001, Desa Belo Laut hingga hari ini, Sabtu ( 17/7 ) tercatat sebanyak 85 orang. Sementara angka kematian sebanyak 3 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid – 19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma mengatakan, dari hasil swab massal di lokasi yang sedang menjalani PPKM mikro tersebut, 30 orang dinyatakan positif terpapar virus Corona.

” Dari hasil swab massal itu ada 30 orang dari 233 spesimen yang kita periksa, itu ada 30 orang yang positif. Dan semalam terakhir ada 7 spesimen yang positif,” ujar Putra, Sabtu ( 17/7 ).

Sedangkan sekitar 30 orang akan menyelesaikan masa isolasi mandirinya pada Minggu besok. Sisanya sekitar 30-an orang lagi, bila tidak ada gejala, akan selesai isolasi tanggal 22 Juli 2021.

” Kalau misalnya ada gejala tambahan dilanjutkan sampai tanggal 25 Juli,” imbuh dia.

Dikatakan Putra, setelah berdiskusi dengan Wakil Bupati Bong Ming Ming, Sekda, Muhammad Soleh dan Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto tadi malam, di Dusun VI Pait Jaya tetap akan diterapkan karantina mandiri yang ketat bagi pasien positif yang sedang diisolasi.

Hal itu setelah Pemerintah Daerah mendengar aspirasi masyarakat, pelaku usaha dan masukan dari berbagai pihak untuk menengahi dan mencari solusi terkait kelanjutan PPKM mikro di Dusun VI Pait Jaya.

Putra mengatakan, blokade jalan di hilir dan hulu jalan akan dibuka esok, Minggu ( 18/7 ).

” Jadi yang masih isolasi itu tetap isolasi mandiri sampai batas waktu yang sudah ditentukan berdasarkan proseduralnya. Dan untuk blokade di sisi hulu dan hilir jalan itu akan dibuka Insya Allah besok. Jadi bagi yang negatif itu sudah bisa berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Tapi memang kami, kita semua mohon dibantu untuk yang positif atau pun ada salah satu anggota keluarganya yang positif, itu untuk ketat karantinanya secara mandiri,” katanya.

Hal itu akan menjadi tanggung jawab pihak desa, baik RT, RW, Sekdes dan elemen – elemen perangkat desa lainnya agar ikut memantau isolasi mandiri dengan ketat.

Untuk sementara ini status Dusun VI Pait Jaya masih zona merah atau risiko tinggi. Hal itu kata Putra sesuai Instruksi Mendagri yang mengatur, apabila terdapat kasus lebih dari 7 rumah dalam satu RT yang terpapar dalam 7 hari terakhir, maka statusnya adalah zona merah.

” Sampai mungkin nanti di tanggal 25 Juli apabila tidak ada kasus tambahan makan status zona merahnya otomatis akan berubah jadi hijau sesuai dengan Instruksi Mendagri tersebut,” tutup Putra. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *