Kampung Bahari Dusun Sukal Desa Belo Laut Berkembang Pesat

Muntok — Danpos AL Muntok, Kapten Yuli Prabowo mengatakan, Kampung Bahari Dusun Sukal, Desa Belo Laut mengalami kemajuan pesat. Bahkan baru – baru ini, budidaya kerang di dusun tersebut sudah panen raya.

” Kemarin yang terakhir itu kita sama Pak Satpol PP ( Kasat Pol PP & PB, Sidarta Gautama ) sudah panen raya budidaya kerang,” ujar Prabowo usai sosialisasi pemakaman pasien Covid-19 meninggal dunia di Kantor Pol PP&PB Bangka Barat, Selasa ( 9/3 ).

Potensi lain yang sudah dikembangkan yaitu wisata snorkling di Karang Berang – berang. Menurut Bowo, wisatawan dari luar daerah, diantara Jakarta sudah pernah menjajal wisata ini.

Pihak travel dari Jakarta tersebut melakukan survey ke Karang Berang – Berang. Mereka merespon dengan baik, pesan mereka kata Bowo, potensi yang bagus tersebut harus dijaga.

” Alhamdulillah dari Provinsi ( Pemprov Bangka Belitung ) juga datang kesini menengok melihat langsung. Ke depannya nanti mungkin kita bersama dengan Pemda akan mengembangkan wisata mangrove-nya,” imbuhnya.

Perkembangan lainnya, di Dusun Sukal juga terdapat industri daging kepiting. Ibu – ibu rumah tangga setempat dipekerjakan untuk mengupas kulitnya.

” Jadi masyarakat yang ibu ibu mengupas kepiting terus diekspor ke luar negeri melalui Pelabuhan Pangkalbalam. Kesenian musik gambus juga kita angkat,” jelas dia.

Limbah kulit kerang pun tidak dibiarkan begitu saja, tapi dimanfaatkan untuk dibuat souvenir oleh ibu – ibu rumah tangga yang sudah mengikuti pelatihan.

” Kemarin sesuai dengan arahan Pak Gubernur nanti ( souvenir ) itu akan ditampung. Kami juga menunggu mungkin ada tempat galeri yang khusus di bandara ataupun di pelabuhan sini,” tutup Bowo. ( SK )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

%d blogger menyukai ini: